×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Lebih baik mana, transformational atau transactional leadership?

0

Serius

Lebih baik mana, transformational atau transactional leadership?

Ketahui lebih lanjut yuk!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yunita Fitriani

05 / 07 / 2019 15:31

Untuk suatu perusahaan, transformational dan transactional leadership merupakan hal yang sangat penting. Gaya kepemimpinan seorang pemimpin mempertaruhkan nasib perusahaan untuk kedepannya. Apakah seorang pemimpin harus memiliki dua gaya kepemimpinan ini atau hanya salah satunya? Mari kita bahas.

Leadership adalah seorang pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan mempengaruhi, memotivasi, dan membuat para member atau anggota berkontribusi dalam keefektifan dan kesuksesan suatu organisasi.

Lebih baik mana, transformational atau transactional leadership?

Apa itu transformational leadership?

Transformational leadership adalah kepemimpinan di mana pemimpin mengubah tim atau organisasi dengan menciptakan, mengomunikasikan, dan memodelkan visi untuk organisasi atau unit kerja, serta menginspirasi karyawan untuk mengupayakan visi tersebut (McShane & Glinow, 2010).

Loading...

Apa itu transactional leadership?

Transactional leadership adalah kepemimpinan dimana pemimpin membantu organisasi untuk menggapai tujuan atau goalsnya secara lebih efisien (McShane & Glinow, 2010). Cara yang pemimpin lakukan adalah pemimpin memastikan bahwa semua pegawai atau anggotanya mendapatkan atau memiliki sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugasnya. Serta fokus pada perilaku pemimpin yang meningkatkan kinerja dan kepuasan pegawai.

Lebih baik mana, transformational atau transactional leadership?

Transformational vs transactional leadership.

McShane & Glinow (2010) mengatakan bahwa transactional leadership dapat disebut sebagai “managing” atau “doing something right” karena pemimpin berkonsentrasi dalam meningkatkan performa dan kesejahteraan pegawai.

Serta menurut Mcshane & Glinow (2010) mengatakan bahwa transformational leadership dapat disebut dengan “leading” karena berfokus dalam membuat maupun mengubah strategi agar dapat menyesuaikan dengan keadaan dan situasi yang dihadapi.

Jika dilihat mana yang lebih baik, tentu saja jawabannya adalah keduanya sama-sama baik. Oleh karena itu, sebuah perusahaan maupun organisasi membutuhkan keduanya karena keduanya saling melengkapi satu sama lain. Transactional leadership meningkatkan efisiensi organisasi, dan transformational leadership yang mengendalikan organisasi ke arah tindakan yang benar untuk membantu mewujudkan goals.

Untuk menjadi organisasi atau perusahaan yang mampu bertahan, perubahan positif haruslah dilakukan di semua bidang, termasuk diantaranya perubahan sumber daya manusia sebagai salah satu komponen penting dalam terlaksananya. Memberikan pendidikan dan pelatihan (training) bagi karyawan merupakan langkah awal dan mendasar agar tahapan dalam proses perubahan dipahami sesuai dengan visi, misi, dan keinginan organisasi. Dan disinilah pemimpin memainkan peran yang strategis.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red