×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Lakukan 5 cara ini agar terhindar dari sembelit saat puasa

0

Kesehatan

Lakukan 5 cara ini agar terhindar dari sembelit saat puasa

Sembelit saat puasa tentu sangat mengganggu dan membuatmu tidak nyaman dalam melakukan ibadah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yeni Endah

04 / 05 / 2020 15:29

Saat puasa, tentu pola makan akan berubah. Hal inilah yang membuatmu makan 'sembarangan' yang penting kenyang dan melupakan pemenuhan gizi saat berbuka dan sahur.

Kurangnya pengetahuan mengenai jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi, mengurangi asupan cairan, serta adanya perubahan pola makan, jumlah asupan, dan jadwal makan merupakan penyebab sembelit saat berpuasa. 

Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi susah BAB yang ditandai dengan frekuensi BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu. Selain itu, penderita sembelit juga kerap kali mengalami keluhan tinja terasa keras, rasa mengganjal di anus, dan harus mengejan untuk mengeluarkan tinja.

Sembelit saat puasa tentu sangat mengganggu dan membuatmu tidak nyaman dalam melakukan ibadah. Tapi kamu tidak perlu khawatir, sembelit saat puasa bisa dihindari denagn melakukan cara ini.

1. Minum air yang banyak saat sahur.

Loading...

air Baudolino dari Pixabay 

Foto: Baudolino dari Pixabay 

 

Kekurangan cairan dapat menyebabkan sembelit. Jadi pastikan untuk minum air yang cukup. Sempatkan minum 3-4 gelas dengan selang waktu masing-masing 5-10 menit saat sahur. Selain minum air yang banyak, kamu juga bisa mencoba minum air berkarbonasi untuk membantu rehidrasi dan membuat pencernaan lancar.

2. Makan sayuran hijau.

Lakukan 5 cara ini agar terhindar dari sembelit saat puasa

Foto: Alo dokter

Makanlah sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan kubis Brussel. Sayuran hijau tidak hanya mengandung banyak serat tetapi juga menjadi sumber vitamin C, vitamin K, dan folat. Sayuran hijau dapat mengatasi sembelit di bulan puasa dengan membantu mendorong tinja yang membuatnya lebih mudah melewati usus.

3. Makan buah-buahan.

Lakukan 5 cara ini agar terhindar dari sembelit saat puasa

Foto: Hallo dokter

Makanlah buah-buahan setelah salat tarawih. Dengan mengonsumsi buah-buahan akan membantu memperlancar pencernaanmu.

4. Minum kopi.

Lakukan 5 cara ini agar terhindar dari sembelit saat puasa

Foto: Lifestyle

Kopi mengandung sedikit serat larut yang membantu mencegah sembelit dengan meningkatkan keseimbangan bakteri salam usus. Minumlah kopi saat buka puasa atau saat sahur. Kopi berkafein dapat menstimulasi usus dengan cara yang sama untuk mengatasi sembelit di bulan puasa. Efek ini 60% lebih kuat dari air minum dan 23% lebih kuat dari minum kopi tanpa kafein.

5. Olahraga.

Lakukan 5 cara ini agar terhindar dari sembelit saat puasa

Foto: haigrid.id

Saat berpuasa kamu masih bisa olahraga. Lakukan olahraga ringan selama satu jam sebelum berbuka atau setelah salat tarawih. Olahraga dapat meningkatkan aktivitas otot di usus sehingga bisa terhindar dari sembelit.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red