Pada masa ini pendidikan memiliki peranan penting dalam kehidupan. Pendidikan menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi untuk setiap generasi bangsa. Namun ada beberapa hal yang sering menjadi topik hangat saat membicarakan pendidikan, salah satunya tentang lembaga pendidikan di mana seseorang menimba ilmu. Beberapa orang memiliki pemikiran yang kurang luas akan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Kuliah di perguruan tinggi negeri ataupun swasta, ketahui dulu hal ini

Nah, berikut ini adalah halhal yang harus diketahui mengenai keduanya.

1. Perguruan Tinggi Negeri lebih baik.

Membicarakan tentang kualitas suatu perguruan tinggi tak melulu bisa dilihat dari statusnya yang merupakan negeri atau swasta. Pemikiran semacam ini yang harus diluruskan. Setiap lembaga pendidikan memiliki kelebihannya tersendiri, begitu pula dengan perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.

Mungkin perguruan tinggi negeri masih menjadi dambaan para pelajar, seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, dan lainnya. Ketika ditanya alasannya, sebagian besar dari mereka akan menjawab jika universitas negeri memiliki kualitas yang jauh lebih baik daripada universitas swasta. Namun apakah itu benar? Belum tentu!

Faktanya, banyak perguruan tinggi yang dilabeli swasta memiliki kualitas tak kalah bagus. Sebut saja Universitas Telkom, Universitas Parahyangan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Presiden, dan sebagainya. Hal ini membuktikan bahwa perguruan tinggi swasta tak selalu memiliki kualitas yang lebih buruk daripada perguruan tinggi negeri.

2. Perguruan Tinggi Swasta sangat mahal.

Kalimat di atas merupakan pernyataan yang sering diungkapkan ketika terdapat perbandingan antara perguruan tinggi negeri dengan perguruan tinggi swasta. Pada kenyataannya, swasta tidak selalu mahal ataupun negeri selalu murah.

Mengenai biaya pendidikan, setiap universitas memiliki sistem tersendiri untuk menentukan besarnya nominal yang dibayarkan. Selain itu, bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah maupun lembaga lainnya tak hanya untuk universitas negeri, tetapi juga universitas swasta. Oleh karena itu, permasalahan biaya tak lagi menjadi permasalahan untuk keduanya.

Selain dua hal tersebut, terdapat satu faktor yang memiliki pengaruh terpenting dalam dunia pembelajaran, yakni pribadi terkait. Ketika seseorang mau belajar dengan baik, dimanapun ia menuntut ilmu pasti akan mendapatkan yang terbaik.

Yuk, ubah mindset!