Liburan menjadi hal wajib ketika sabtu minggu tiba. Apalagi setelah semingguan dipenuhi dengan kesibukan pekerjaan yang melelahkan atau mungkin tugas-tugas sekolah yang membuat ingin rasanya cepat pulang. Banyak sekali kesibukan ataupun kebiasaan yang membuat kita jenuh dan ingin mencari suasana baru untuk menyegarkan kembali semangat hidup.

Banyak tempat wisata yang bisa dijadikan tujuan. Terutama jika berkunjung ke Yogyakarta, destinasi favorit nomor dua se-Indonesia. Bisa ke museum, pantai, gunung, tempat makanan atau bahkan pasar. Yaps betul, pasar. Mungkin kamu tahunya pasar yang terkenal Jogja adalah Pasar Beringharjo yang berada di Jl. Malioboro. Sekarang ada lagi destinasi menarik, unik dan seru yang tak kalah dari Pasar Beringharo, yaitu Pasar Kakilangit. Dari namanya saja sudah membuat penasaran. Wow! Pasar apa itu?

Pasar Kakilangit terletak di pintu keluar Kebun Buah Mangunan, Imogiri, Yogyakarta. Tempat hits dan keren buat kamu yang lagi nyari tempat spot selfie bukit beserta awan yang menyelimuti. Datang ke Pasar Kakilangit nggak sulit kok. Cukup Terminal Giwangan sebagai patokan dijamin nggak bakal nyasar. Jika bingung, coba buka google map dan ketik "Pasar Kakilangit". Kamu akan diarahkan langsung ke tempat tujuan. Apa yang membuat Pasar Kakilangit berbeda dari pasar-pasar yang ada di Yogyakarta? Inilah alasannya.

1. Menyajikan Masakan Khas Mangunan

5 Hal unik Pasar Kakilangit yang membuatmu ingin ke sana lagi, keren!

foto:https://pbs.twimg.com/

Berwisata tentunya nggak lengkap jika nggak menikmati masakan setempat. Begitu juga yang kamu rasakan jika mampir ke Mangunan. Setelah lelah dari subuh untuk menikmati samudra awan atau melihat tegaknya pinus-pinus di Hutan Pinus, Mangunan. Kini saatnya untuk menyantap makanan yang membuat laparmu terpuaskan. Banyak makanan dan minuman khas daerah ini, sepertiGudeg Mangar, Tahu Guling, Tiwul, Tempe Bacem, Gembrot, Telo, Bubur Ndeso, Jadah dan menu angkringan. Gimana? Banyak menu yang disajikan apalagi datang kemari bersama orang tersayang. Makin so sweet.

2. Koin Kayu Menjadi Mata Uang

5 Hal unik Pasar Kakilangit yang membuatmu ingin ke sana lagi, keren!

foto:https://pbs.twimg.com/

Pasar tentunya butuh alat transaksi, bukan? Nah, di Pasar Kakilangit ini beda banget sama pasar yang lain. Bedanya adalah menggunakan uang koin kayu. Nggak perlu kuatir harus potong dahan kayu sendiri, karena sudah disediakan di loket sesuai dengan jumlah koin yang diinginkan. Kamu bisa menukar dengan koin 1, 2, 5, dan 10. Nominalnya sama dengan koin kayu 1 konversi dari Rp 1.000 rupiah. Dijamin deh, murah meriah.

3. Atraksi Menarik yang Menawan

5 Hal unik Pasar Kakilangit yang membuatmu ingin ke sana lagi, keren! foto:https://pbs.twimg.com/

Nggak cuma pasarnya aja yang beda tetapi juga atraksi di dalamnya. Wow! ada atraksi yang menarik untuk dinikmati. Atraksinya berupa gedug lesung yang ditampilkan dari masyarakat setempat. Keren kan, selain perut yang dimanjakan tetapi juga mata bisa menikmati atraksi pertunjukan yang menawan.

4. Sabtu Minggu Pagi Waktunya untuk Datang

5 Hal unik Pasar Kakilangit yang membuatmu ingin ke sana lagi, keren!

foto:https://pbs.twimg.com/

Catat tanggal bukanya ya! Siapa tau pas ke sana eh ternyata masih tutup atau belum buka. Karena Pasar Kakilangit juga punya jadwalnya sendiri kapan buka kapan tutup. Buka setiap hari sabtu dan minggu dari jam 06.00 WIB hingga 12.00 WIB. Nah, bagi kamu yang sudah sejak subuh di Mangunan sempetin mampir ke sini. Siapa tau ketemu jodoh kamu. Buat kamu yang masih jomblo, tenang, datanglah ke sini. Kesepianmu akan diisi oleh senyuman, canda dan tawa penduduk setempat. Siapa tau dari tempat ini kamu bertemu pasangan hidupmu.

5. Senyum, Sapa Manis khas Mangunan

5 Hal unik Pasar Kakilangit yang membuatmu ingin ke sana lagi, keren!

foto:https://pbs.twimg.com/

Apa yang kita rindukan saat berkunjung ke suatu tempat yang asing? Jawabannya adalah seperti rumah sendiri. Senyuman yang hangat, sapa dari masyarakat setempat yang ramah, dan tentunya canda tawa yang membuat kita ingin kembali lagi. Pasar Kakilangitlah jawabannya. Kamu sedang galau karena skripsi yang belum selesai-selesai? Tugas kantor yang tidak ada hentinya? atau mungkin bosan dan jenuh di rumah saja? Mampirlah sejenak di tempat ini. Rasakan betapa nikmatnya berwisata dengan hati tenang, senang dan penuh harapan.