Salah satu jenis gangguan kulit sebelum berkembang menjadi jerawat adalah komedo. Seorang dermatolog asal New York Gary Goldenberg MD mendefinisikan, komedo berasal dari folikel rambut pori-pori yang tersumbat akibat perubahan hormon atau kandungan tertentu dari produk perawatan kulit dan rambut.

Dan, tentu saja kondisi tersebut sangat menganggu penampilan bukan? Apalagi, jika komedo sangat sulit diangkat atau dibersihkan dengan sabun dan tangan biasa. Namun, jika kamu menggosoknya terlalu kasar, hal itu juga malah membuat kondisi kulit tambah parah.

Nah, daripada melakukan hal-hal yang tidak semestinya, mari ikuti cara-cara ini untuk mengusir komedo yang sangat mengganggu.

1. Pilih pembersih wajah yang tepat

Jengkel dengan komedo? Ini 4 langkah efektif buat mengusirnya

Terdapat beberapa opsi yang bisa kamu coba; Cari pembersih dengan kandungan salyclic acid atau benzoyl peroxide, lalu gunakan sekali sampai dua kali sehari untuk mengelupaskan dan mencegah pori-pori tersumbat. Dua kandungan tersebut cukup berhasil mencegah pembentukan komedo. Kamu pun harus konsisten melakukannya untuk pencegahan rutin. Jika komedo kamu resisten, resep retinoid dari dokter kulit mungkin bisa menjadi solusi. Bonusnya, kamu bisa mencegah penuaan dini juga.

2. Peeling

Jengkel dengan komedo? Ini 4 langkah efektif buat mengusirnya

Goldenberg menyatakan, cara yang cukup banyak dilakukan orang yakni peeling, pengelupasan pada bagian permukaan kulit sebetulnya cukup efektif membuka komedo. Hanya saja, kamu perlu hati-hati agar teknik ini tidak terlalu sering dilakukan agar tak membuat kulit menjadi kering.

3. Hindari produk rias comedogenic

Jengkel dengan komedo? Ini 4 langkah efektif buat mengusirnya

Kandungan bahan kimia tertentu pada produk kecantikan dapat menjadi penyebab utama timbulnya komedo terutama saat cuaca panas di mana kandungan tersebut tercampur dengan keringat. Produk riasan seperti concealer tebal atau foundation alas bedak bisa menjadi penyebab tersembunyi juga. Jika kamu merasa bahwa produk make up yang digunakan selama ini berpotensi menimbulkan komedo, maka tinggalkan saja.

4. Bantuan ahli

Jengkel dengan komedo? Ini 4 langkah efektif buat mengusirnya

Jika kamu ingin komedo diusir segera, maka kamu bisa mengunjungi para ahli dermatologi atau spa berlisensi untuk membantu. Para ahli ini, biasa menggunakan extractor tool. Meski produk serupa banyak dijual bebas di pasaran tentu cenderung lebih berisiko jika kamu gunakan sendiri.

Cara lain yang bisa dilakukan ahli antara lain, menggunakan bahan Clear+Brilliant Laser untuk menghilangkan komedo. Apapun yang menjadi pilihan, satu hal yang perlu kamu tahu, bahwa komedo itu keras kepala. Perawatan dan pencegahan yang sukses hanya terjadi jika kamu secara konsisten merawat kulit setiap hari.