×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kenali kanker, penyakit yang sebabkan Ani Yudhoyono wafat

0

Kesehatan

Kenali kanker, penyakit yang sebabkan Ani Yudhoyono wafat

Kenali faktor pemicu dan cara untuk mencegahnya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ayudiah Chairani

02 / 06 / 2019 16:11

Ani Yudhoyono, istri presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, wafat pada Sabtu, 1 Juni 2019 di National University Hospital. Beliau telah dirawat selama empat bulan karena kanker darah yang dideritanya.

Dikutip dari Medical News Today, leukemia terjadi ketika DNA sel darah yang belum matang, terutama sel darah putih, menjadi rusak. Ini menyebabkan sel-sel darah tumbuh dan membelah secara terus menerus, sehingga jumlahnya terlalu banyak.

Masih banyak dari kita yang masih tidak mengetahui apa itu kanker darah. Padahal penyakit itu telah disebut oleh sebuah riset Harvard Medical School sebagai salah satu dari lima kanker paling mematikan di dunia.

Mengutip dari Wikipedia, kanker darah merupakan penyakit dalam klasifikasi kanker (istilah medis: neoplasma) pada darah atau sumsum tulang yang ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid, umumnya terjadi pada leukosit (sel darah putih). Sel-sel normal di dalam sumsum tulang digantikan oleh sel tak normal atau abnormal. Sel abnormal ini keluar dari sumsum dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Sel leukemia memengaruhi hematopoiesis atau proses pembentukan sel darah normal dan imunitas tubuh penderita.

Ada beberapa faktor yang diduga memicu timbulnya leukemia, yaitu:

Loading...

- Radiasi pengion buatan

- Virus, seperti virus T-lymphotropic manusia (HTLV-1) dan HIV

- Benzena dan beberapa petrokimia

- Agen kemoterapi alkilasi yang digunakan pada kanker sebelumnya

- Pewarna rambut

- Merokok

Ada juga predisposisi genetik di mana beberapa orang tampaknya memiliki risiko lebih tinggi terkena leukemia karena kesalahan pada satu atau beberapa gen. Begitu juga orang dengan down syndrome juga memiliki risiko lebih tinggi, mungkin karena perubahan kromosom tertentu.

Leukemia adalah kanker pada darah dan sumsum tulang yang disebabkan oleh produksi sel-sel darah putih secara tidak normal. Walaupun jumlahnya tinggi, sel darah putih tidak dapat melawan infeksi dan justru menghambat produksi sel darah merah dan trombosit.

Berdasarkan cepat atau lambatnya perkembangan kanker, leukemia terbagi menjadi leukemia akut dan leukemia kronis. Keduanya kemudian dibagi kembali ke dalam dua kategori berdasarkan tipe sel darah putih yang terserang kanker, yakni limfosit atau myeloid.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kanker pada sel darah putih, yaitu:

- Menghindari kebiasaan merokok

- Menjaga berat badan ideal dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan aktif berolahraga

- Menjauhi paparan bahan kimia berbahaya seperti benzena, formaldehida, dan radon. Sumber paparan di sekitar lingkungan rumah biasanya berasal dari pembasmi serangga, asap kendaraan, bensin tanpa timbal, dan pembasmi tanaman hama.

- Membatasi paparan radiasi yang berasal dari sinar-X, CT scan, dan alat sejenisnya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red