Mengenang masa kecil emang gak ada habisnya. Apalagi kalau dikaitkan dengan momen puasa, pasti banyak cerita seru yang pernah kamu alami. Nah, berikut ini beberapa keluguan yang mungkin pernah kamu lakukan ketika melaksanakan puasa saat kecil dulu.

1. Nyicipsedikit dikira gak bakal batal.

Namanya juga masih kecil,apalagi kalau lagi menahan lapar dan haus, ngeliat makanan enak atau minuman segar dikit aja bawaannya pengen nyicip dikiiit aja. Padahal kan lagi belajar berpuasa, alhasil kalian nyicip sedikit demi sediki dan jadinya kebanyakan, pasti batal. Tapi karena mau dipuji hebat dengan bisa puasa penuh, jadi kamu nganggapnya itu belum batal. Mama Papa pun iya-iyain aja memaklumi. Tapi kalau keseringan sih, perlu ditegur juga dong.

2. Ngototminta dibangunin sahur padahal gak ikut puasa.

Pernah gak saat waktunya sahur, kalian kebangun juga terus ikut-ikutan sahur, atau minta ke mama papa buat bangunin sahur. Habis kenyang tidur lagi dan siangnya malah gak puasa. Nah lho, cuma ngabisin jatah makan sahur jadinya. Alasannya sih biasanya karena seru aja gitu ikut orang sahur. Hah, gimana gimana?

3. Puasa cuma sampai sebelum Dzuhur.

Biasanya puasa setengah hari di akhiri saat adzan Dzuhur berkumandang udah cukup bagus untuk latihan puasa penuh hari. Tapi ada aja yang gak bisa nahan hawa nafsu lihat makanan di balik tutup saji, eh tiba-tiba jadi lapar deh! Padahal masih jam 9 pagi lho. Kalau udah agak gede, minimal sampai ashar dong. Meskipun tanggung juga tuh sebenernya.

4. Sengaja ngegodain orang puasa.

Waduh, ini sih iseng namanya. Kalau yang punya kakak, biasanya si kakak sering jadi korban godaan kamu. Sengaja minum es di depannya, atau pura-pura ngasih suapan makanan deket mulutnya pas lagi puasa. Kalau yang digodain berhasil tergoda, kamunya seneng abis, tapi dia nya nyesel. Gak jarang habis itu diomelin. Yah kena juga!

5. Pergi Tarawih dengan tujuan lain.

Ngaku deh, siapa di sini waktu kecilnya shalat tarawih 11 rakaat? Pasti hampir gak ada. Iyalah, kalau perginya bareng temen-temen pasti banyak godaannya. Entah itu yang cowok pada main perang sarung, petasan, atau jajan. Sedangkan yang cewek pada ngerumpi, ketawa-ketiwi ngomongin kakak kelas ganteng di sekolah, dan yang pasti jajan juga dong. Bisa juga tujuannya untuk dapetin tanda tangan Ustaz yang ngasih tausiyah demi tugas pesantren kilat di sekolah. Kalau nggak, bisa gak lulus pesantren kilat.

6. Menit-menitgak bisa diganggu siapapun.

Biasanya nih, banyak produk-produk yang iklan dalam bentuk kuis di menit-menit menjelang berbuka. Nah kamu sering pantengin TV dan kalau kuisnya sudah selesai, berarti adzan tinggal beberapa menit lagi. Setelah itu, kamu hitung mundur waktu berbuka sambil lihat jam dinding. Gak boleh ada satupun orang yang ganggu konsentrasi kamu saat mantengin jam. Padahal kalau begitu berbukanya jadi kerasa lebih lama. Aduh, gak sabaran banget ya.

7.Mengirahari minggu puasa libur.

Ini sih paling aneh bin langka. Kalian ada yang pernah gak sih pertama kali belajar puasa dan mengira kalau puasa itu ngikutin jadwal sekolah? Jadi hari minggu waktunya libur puasa. Setelah tahu ternyata puasa sebulan penuh gak ada liburnya, kamu cuma bisa melongo.

Nah, dari ketujuh keluguan-keluguan di masa kecil itu, mana nih yang kamu banget atau malah ada yang belum ditulis? Ayo tambahin sendiri hal-hal unik saat kamu waktu kecil belajar puasa. Udah bikin nostalgia plus ngakak belum ?