Pulau berpenghuni terkecil di dunia yang di ketahui orang saaat ini, hanya memiliki luas sebesar lapangan tenis. Meski ukurannya 3.300 kaki persegi (306,58 meter persegi), pulau ini memiliki ruang yang cukup untuk sebuah rumah kecil, sepasang kursi panjang dan sebuah pohon.

Pulau yang dikenal dengan nama Pulau Hub ini, terletak di perairan Alexandria Bay, Negara bagian New York. Pulau ini dibeli oleh sebuah keluarga kaya dari Sizeland pada tahun 1950.

Rencananya untuk membangun sebuah pondok kecil sebagai tempat liburan keluarga pun batal, karena banyaknya wisatawan yang ingin melihat pondok kecil mereka. Akan tetapi para pengunjung hanya dapat melihat rumah tersebut, karena air di sekitar pulau tersebut cukup dalam, tidak dapat digunakan untuk berenang bersama keluarga.

Menurut para ilmuwan, pulau tersebut tidak dapat dikatan sebagai pulau yang sebenarnya. Pulau Hub merupakan salah satu bagian dari 1.864 tanah yang menjulang ke permukaan air dari SungaiSt. Lawrence yang memisahkan New York dengan Ontario, Kanada.

Namun demikian, Pulau Hub mendapat penghargaan dariGuinness Book of World Records sebagai pulau berpenghuni terkecil di dunia.

Saat ini, pulau tersebut jarang dikunjungi oleh pemiliknya, sehingga tampak kurang terawat.