×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kekurangan penduduk, 3 negara ini bayar warganya agar mau punya anak

0

Global

Kekurangan penduduk, 3 negara ini bayar warganya agar mau punya anak

Foto: Free-Photos dari Pixabay

Ada negara yang justru membayar warganya untuk mempunyai anak karena kekurangan penduduk.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yeni Endah

19 / 11 / 2019 13:30

Meledaknya pertumbuhan penduduk membuat beberapa negara memberikan himbauan kepada warganya untuk menekan angka kelahiran, termasuk Indonesia. Himbauan ini tentu bukan tanpa alasan. Salah satunya agar terciptanya kesejahteraan dan juga kehidupan ekonomi yang stabil.

Tapi jangan salah lho, ada 3 negara yang justru membayar warganya agar mau punya anak karena kekurangan penduduk.

1. Lestijärvi, Finlandia.

Kekurangan penduduk, 3 negara ini bayar warganya agar mau punya anak

Foto: Fimela.com

Loading...

Lestijärvi adalah salah satu kota kecil di Finlandia. Sejak 2013, setiap bayi yang baru lahir di Lestijärvi bernilai' €10.000 atau setara Rp155,5 juta. Angka itu muncul setelah para pejabat pemerintah Lestijärvi memutuskan untuk melawan penurunan angka kelahiran dan populasi yang terus menyusut di kota tersebut di mana hanya satu anak yang dilahirkan pada tahun sebelumnya.

Pemerintah setempat memperkenalkan insentif yang disebut 'bonus bayi'. Melalui skema ini, setiap penduduk yang melahirkan akan berhak mendapat €10.000, dibayar dalam kurun 10 tahun. Akibatnya, sejak kebijakan itu dibuat hampir 60 anak lahir di Lestijärvi. Dibandingkan dengan tujuh tahun sebelumnya di mana hanya 38 anak lahir. Bayi-bayi baru ini merupakan pendorong besar bagi kota berpenduduk kurang dari 800 orang ini.

2. Estonia.

Kekurangan penduduk, 3 negara ini bayar warganya agar mau punya anak

Foto: Sunlife

Di Estonia, setiap keluarga dengan tiga anak menerima €520, atau sekitar Rp8 juta/bulan untuk tunjangan keluarga. Mengingat biaya hidup Estonia yang relatif terjangkau dan pendapatan rata-rata yang rendah, manfaat ini tentu saja merupakan bantuan keuangan yang murah hati. Sejak program tersebut dibuat, angka kelahiran telah meningkat dari 1,32 pada awal 2000-an menjadi 1,67 pada 2018.

3. Prancis.

Kekurangan penduduk, 3 negara ini bayar warganya agar mau punya anak

Foto: hubsehat.com

Prancis dikenal karena kebijakan pro-kelahirannya yang stabil dan karena membelanjakan lebih banyak uang publik untuk keluarga daripada negara OECD lainnya. Prancis memberikan beberapa jenis tunjangan termasuk 'hibah kelahiran' sekitar €950 atau sekitar Rp 14,7 juta diikuti dengan tunjangan anak bulanan dan tunjangan keluarga yang beragam. Prancis juga menerima pengurangan pajak penghasilan dan penitipan anak yang disubsidi negara.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red