×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Karst Tubing Sedayu, menikmati pemandangan dari tengah aliran sungai

0

Jalan-Jalan

Karst Tubing Sedayu, menikmati pemandangan dari tengah aliran sungai

Wisata ekowisata di Jogja dengan sensasi petualangan air yang seru dan alami di daerah barat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Restyana E. Septica Sari

12 / 08 / 2019 15:40

Hi pencinta traveling! 

Menikmati jalan-jalan bisa dalam banyak cara, baik melalui wisata yang direncanakan atau spontan dan sekadar sightseeing putar kota. Buat kamu yang memiliki rencana liburan weekend di Jogja, ada satu tempat menarik untuk kamu berpetualang seru. Seperti kita ketahui Kota Yogyakarta terkenal bukan sekadar karena ratusan perguruan tinggi yang ada sehingga dijuluki Kota Pelajar, tetapi juga Kota Kreatif dengan segala pengalaman seru termasuk di bidang pariwisata.

Kita cukup mengenal banyak wisata sejarah di Kota Gudeg, mulai dari Kraton, Taman Sari, Kotagede, candi-candi di Sleman, dan beberapa museum. Ada pula wisata hijau di mana kita bisa menikmati pemandangan hijau segar dengan deretan pepohonan menyejukkan pikiran melalui mata. Hingga ke selatan tersedia pilihan pantai yang cantik, mulai dari Pantai Parangtritis, Pantai Depok, Pantai Parang Kusuma hingga Pantai Sepanjang, Pantai Nglamboran, Pantai Wedhi Bedhah, dan Pantai Pulang Syawal. Nah, Gunung Kidul pun tak kalah apik mengajak berpetualang di cave tubing maupun Air Terjun Sri Gethuk.

Pernahkah kamu mencoba mampir ke daerah Jogja bagian barat? Ada tempat asyik nih namanya Karst Tubing Sedayu. Sekitar 20 km dari pusat Kota Jogja kamu bisa mengakses dengan menyewa kendaraan wisata dengan kisaran harga sekitar Rp500.000 per hari (12 jam termasuk bensin dan sopir) bisa sepuasnya main ke 3-5 rute wisata seharian.

Sekitar 30 menit berkendara dari pusat kota ke arah barat, kita akan sampai di wilayah Sedayu. Lokasinya sedikit masuk namun bus medium sudah bisa masuk dengan mudah karena jalanan aspal di Jogja hampir semua tempat cukup halus dan nyaman diakses.

Loading...

Uang masuk lokasi wisata tidak ada, kamu hanya membayar parkir dan kalau mau ikutan Karst Tubing membayar Rp35.000 sampai dengan Rp40.000 per orang. Cuma mau duduk menikmati pemandangan Sungai Karst pun boleh saja. Ada warung yang menyediakan beberapa minuman hangat dan makanan instant serta beberapa cemilan tradisional seperti pisang kepok rebus, kacang tanah rebus, hingga nagasari dan klepon bahak, serta ubi dan singkong rebus juga kadang tersedia. Kamar mandi pun tersedia banyak dan bersih.

Jika ingin bermain Karst Tubing, kamu cukung membayar tiket, dan pemandu pun akan disediakan menyesuaikan jumlah peserta yang berbarengan. Keluarga yang biasanya terdiri dari 3-5 orang pun tetap dilayani dengan 1 (satu) pemandu. Sedangkan rombongan minimal 10 orang akan dipandu lebih banyak lagi oleh sekitar 3 orang. 

Serunya rame-rame

Pengalaman berbeda antara Cave Tubing Pindul di Gunung Kidul dengan Karst Tubing Sedayu adalah suasananya. Cave Tubing cenderung masuk ke dalam gua di mana kita menikmati pemandangan stalagtit dan stalagmit dengan penerangan minimalis. Sedangkan Karst Tubing Sedayu mengajak kita lebih leluasa menikmati hijaunya pemandangan sekitar di tengah aliran sungai bebatuan Karst yang terukir ribuan tahun lalu dengan sangat cantik.

Semua serba alami dengan kesejukan ala daerah yang hijau dan pengalaman seru menikmati petualangan terombang-ambil menggunakan ban. Kita akan melepaskan ketegangan yang sudah melanda isi kepala selama ini. Kamu boleh teriak, tertawa, dan tersenyum bahagia bahkan ada yang tertidur menikmati aliran sungai.

 Bebatuan karst dan hijaunya pemandangan

Jangan khawatir, saat melewati jeram akan dibantu oleh para pemandu. Kita bisa menikmati 30 menit hingga 45 menit petualangan seru sekitar 300 m aliran sungai Karst.

Pemandu bersiaga di beberapa titik jeram ringan

Waktu paling tepat adalah sekitar bulan Maret hingga Agustus saat debit air cukup. Namun bilamana kemarau, kita bisa saja kurang beruntung karena debit air kurang. 

Basah

Ditunggu di Jogja, ya!

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red