Penyebab tidur kurang nyaman tak selalu berkaitan dengan masalah kesehatan. Kebiasaan yang kelihatannya cukup normal bagi kamu sebenarnya dapat berdampak negatif pada tidur dan bahkan menyebabkan insomnia.

Dari data yang berhasil dikumpulkan, ada beberapa hal yang harus kamu hentikan sebelum tidur jika ingin beristirahat malam dengan nyenyak seperti dilansir dari laman brightside.me, Rabu, 22/5/2018.

1. Merokok.

Agar tak insomnia, hindari 10 hal ini sebelum tidur malam hari

Sama seperti kafein, nikotin memiliki efek merangsang pada tubuh. Ini meningkatkan detak jantung dan tekanan darah serta merangsang aktivitas otak. Semua proses ini berakibat pada tidur yang tak sehat. Bahkan jika kamu tertidur, kualitas tidurmu tak akan memuaskan. Perokok lebih mungkin menderita insomnia daripada orang yang tak merokok. Jika kamu tak ingin berhenti merokok, cobalah untuk tak merokok 1,5 jam hingga 2 jam sebelum kamu pergi tidur. Ini akan membantumu tertidur lebih cepat dan tidurmu juga akan lebih sehat.

2. Berolahraga.

Agar tak insomnia, hindari 10 hal ini sebelum tidur malam hari

Umumnya, berolahraga memiliki efek yang baik pada tidur karena dapat membantumu tertidur lebih cepat dan mengurangi stres. Tetapi ini hanya bekerja jika kamu menyelesaikan latihan 3-4 jam (atau bahkan 6 jam) sebelum tidur. Dan jika kamu baru saja kembali dari gym dan langsung pergi tidur, tubuhmu seakan-akan tak akan membiarkanmu tidur. Terutama jika kamu mandi air panas yang dapat membangkitkan sistem saraf.

3. Minum air putih.

Agar tak insomnia, hindari 10 hal ini sebelum tidur malam hari

Minum air putih sebelum tidur memang baik untuk tubuh. Tetapi jika minum terlalu banyak air, kamu akan terbangun di malam hari dan memiliki kantong di bawah mata saat pagi hari. Ini tak berarti kamu harus berhenti minum air di malam hari. Kamu hanya perlu bereksperimen dan mencari tahu jumlah cairan yang cocok yang tidak akan menyebabkan masalah seperti itu. Dokter mengatakan bahwa secara umum minum setengah gelas air dianggap sebagai norma bagi kebanyakan orang.

4. Tidur siang.

Agar tak insomnia, hindari 10 hal ini sebelum tidur malam hari

Tidur siang, serta berolahraga, dapat memiliki efek positif pada tidurmu jika kamu memilih waktu yang tepat. Untuk tidur nyenyak di malam hari, kamu mungkin bisa tidur antara jam 1 siang dan 4 sore. Dan jika kamu tidur di malam hari, kamu merusak rutinitas harianmu, yang berarti akan sulit untuk tertidur di malam hari. Namun, saat tidur di siang hari juga dapat merusak tidur malammu. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari tidur siang, tidur pada waktu yang sama setiap hari dan dalam waktu tak lebih dari satu setengah jam. Omong-omong, orang yang menderita insomnia dianjurkan untuk tak tidur siang.

5. Terlibat dalam aktivitas kreatif.

Agar tak insomnia, hindari 10 hal ini sebelum tidur malam hari

Seni sering dianggap sebagai cara yang baik untuk beristirahat, tetapi itu tak sepenuhnya benar jika dilakukan ketika waktu istirahat yang harusnya kamu gunakan untuk tidur. Jika kamu menggambar, menulis, atau memainkan alat musik, otakmu akan sangat aktif. Itu sebabnya jika begadang, kemungkinan kamu akan tetap terjaga sampai pagi.

Kegiatan kreatif membutuhkan banyak usaha. Untuk menenangkan diri, otak butuh waktu. Itulah mengapa lebih baik untuk menghindari aktivitas kerja otak satu jam sebelum pergi tidur. Kamu dapat membaca buku atau bermeditasi sebagai gantinya.

6. Menggunakan perangkat elektronik.

Agar tak insomnia, hindari 10 hal ini sebelum tidur malam hari

Disarankan untuk mematikan laptop dan ponsel karena perangkat ini memancarkan cahaya yang buruk bagi tidurmu. Selain itu, sebaiknya hindari menggunakan ponsel untuk membaca buku sebelum tidur. Sebaliknya, pilih buku cetak atau perangkat elektronik khusus yang kurang berbahaya bagi mata dan tidur kamu.

Kamu juga harus berhenti bekerja di malam hari, jika tidak, ada kemungkinan besar kamu akan menghabiskan beberapa jam berbaring di tempat tidur dan memikirkan semua tugas. Sebaliknya, bersihkan pikiranmu, buat rencana untuk besok, dan tuliskan.

7. Minum obat.

Agar tak insomnia, hindari 10 hal ini sebelum tidur malam hari

Jika takut tak dapat tertidur, kamu mungkin akan mengonsumsi obat tidur. Beberapa antidepresan memiliki efek obat tidur dan beberapa yang lain hanya membuat sistem sarafmu lebih waspada. Omong-omong, obat penghilang rasa sakit juga bisa menyebabkan tidur yang tak sehat.

Jika kamu harus minum obat tertentu, tanyakan kepada dokter tentang waktu terbaik untuk melakukannya. Kamu juga harus mempelajari semua efek samping karena kebanyakan dari obat itu menyebabkan gangguan tidur.

8. Merasa gugup.

Agar tak insomnia, hindari 10 hal ini sebelum tidur malam hari

Emosi yang hebat bisa membuat tidur tak nyenyak. Jika kamu suka menonton berita atau berdebat dengan seseorang di internet sebelum pergi tidur, jangan terkejut jika kamu jadi tak bisa tidur. Bahkan hal-hal yang lebih berbahaya dapat menyebabkan masalah tidur, misalnya buku yang menakutkan atau sedih. Emosi positif juga tak terlalu bagus dalam hal ini karena kamu dapat terlalu bersemangat, misalnya setelah pertandingan sepak bola yang penting atau percakapan yang menarik dengan seorang teman sebelum pergi tidur.

Kamu perlu memastikan bahwa pikiranmu tenang dan rileks sebelum tidur. Cobalah untuk menghadapi semua hal yang menyebabkan emosi yang kuat setidaknya satu jam sebelum tidur.

9. Mandi air panas.

Agar tak insomnia, hindari 10 hal ini sebelum tidur malam hari

Banyak orang berpikir bahwa mandi air panas memberikan kontribusi untuk tidur yang nyenyak. Tetapi para dokter telah membuktikan bahwa sebenarnya perbedaan suhulah yang membantu kamu tertidur, semakin tinggi perbedaan ini, semakin kamu ingin tidur.

Suhu air yang tinggi menyebabkan masalah dengan tidur dan mempengaruhi warna kulit karena merangsang aliran darah ke lapisan kulit bagian atas. Jika kamu mandi air panas lebih dari 10 menit, maka kamu akan membersihkan lapisan lemak alami dan kulitmu akan menjadi lebih rentan.

10. Tidur dengan hewan peliharaan.

Agar tak insomnia, hindari 10 hal ini sebelum tidur malam hari

Banyak pemilik hewan peliharaan suka tidur dengan hewan mereka dan ini bukan hal yang baik. Pertama, pola tidur binatang berbeda dengan manusia. Jam tidur hewan peliharaan lebih pendek dan mereka mengubah posisi lebih sering daripada orang-orang yang mana hal ini dapat menyebabkan kamu terbangun di malam hari.

Kedua, partikel kulit dan bulu hewan dapat memiliki efek negatif pada kesehatan dan tidurmu, bahkan jika kamu tak alergi terhadap hewan.

10 poin tersebut merupakan penyebab utama kamu tak dapattidur nyenyak di malam hari. Kamu punya tips lain?