×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jangan buang bekas teh celup, ini 5 manfaatnya bagi kesehatan

0

Kesehatan

Jangan buang bekas teh celup, ini 5 manfaatnya bagi kesehatan

Manfaat ini nggak semua orang menyadarinya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

fatia nr

13 / 11 / 2017 16:05

Kamu senang minum teh? Biasanya minuman ini diminum saat pagi hari atau malam hari untuk mengusir hawa dingin. Teh memiliki kandungan dan manfaat  yang banyak. Sejak dahulu, meminum teh secara teratur dipercaya membuat tubuh menjadi rileks dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Saat ini banyak sekali teh yang dikonsumsi, mulai dari teh hijau, teh hitam, teh putih hingga teh rooibos atau teh merah.

Pada umunya cara mengonsumsi teh dengan cara menyeduhnya baik dengan air hangat atau air es. Setelah mengonsumsi air dari seduhan teh, biasanya ampas teh akan dibuang begitu saja. Padahal sebenarnya masih banyak manfaat dari ampas teh celup bekas tersebut. Mari simak beberapa manfaat lainya.

1. Masker wajah

Jangan buang bekas teh celup, ini 5 manfaatnya bagi kesehatan

foto: hipwee.com

Loading...

Biasanya masker wajah menggunakan bahan-bahan herbal yang masih asli atau fresh. Namun ternyata masker wajah juga bisa menggunakan teh celup bekas loh. Manfaat dari masker teh celup bekas ini adalah melembabkan dan menghaluskan wajah serta membantu mengangkat noda bekas jerawat dan sel-sel kulit mati. Cara membuat maskernya adalah:

- Keluarkan terlebih dahulu ampas teh dari kantongnya

-  Masukkan ampas teh kedalam mangkuk dan tambahkan 1 sendok makan madu dan tepung beras secukupnya

- Aduklah adonan masker sampai merata

- Setelah itu, oleskan masker hingga merata dan pijatlah secara perlahan

- Keringkan masker kurang lebih 5 menit, setelah itu basuhlah wajah dengan air bersih.


3. Menyembuhkan sariawan

Jangan buang bekas teh celup, ini 5 manfaatnya bagi kesehatan

foto: klikdokter.com

Pada umumnya, ketika seseorang mengalami sariawan maka akan menyembuhkan dengan mengonsumsi buah-buahan atau sayuran yang bervitamin C. Selain air tehnya yang bisa diminum, ampas teh juga bermanfaat untuk mengobati sariawan. Cara mengobatinya adalah dengan mendinginkan kantong teh bekas di dalam freezer. Jika sudah dingin, letakkan kantung teh di sariawan yang terasa sakit. Sifat penyembuh dari teh ditambah rasa dingin akan membantu proses penyembuhan sariawan lebih cepat.

 

3. Mengatasi masalah ketombe

Jangan buang bekas teh celup, ini 5 manfaatnya bagi kesehatan

foto: solo.tribunnews.com

Untuk kamu yang mengalami masalah pada kulit kepala berupa ketombe, maka tidak usah repot-repot mengatasinya. Cukup dengan mencampur ampas teh dengan air secukupnya. Setelah itu siramkan air campuran tadi ke kulit kepala sebelum melakukan keramas. Pijat dengan lembut sampai menyerap dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, keramaslah menggunakan shampo seperti biasa.


4. Menyembuhkan bisul

Jangan buang bekas teh celup, ini 5 manfaatnya bagi kesehatan

foto: caragaya.com

Bisul merupakan penyakit kulit yang sering mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain menyembuhkan dengan salep poles, bisul dapat diatasi dengan teh celup bekas. Caranya adalah cukup dengan mengkompres bisul menggunakan ampas teh celup selama 15 menit, diamkan sampai mengering. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini dengan rutin. Maka bisul anda bisa sembuh lebih cepat.

 

5. Menghentikan pendarahan kecil

Jangan buang bekas teh celup, ini 5 manfaatnya bagi kesehatan

foto: myrylife.com

Saat bagian tubuhmmu terluka karena terkena pisau dan mengalami pendarahan kecil, janganlah khawatir. Kamu bisa menggunakan ampas teh celup bekas dengan mencelupkan di dalam air panas terlebih dahulu. Taruh kantong teh bekas di atas luka, dan biarkan selama 30 detik. Tanin yang terkandung di dalam teh mampu mengumpulkan darah lebih cepat. Sehingga kamu bisa menutupi luka dengan perban dan kamu pun bisa melanjutkan aktivitas kembali.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red