Kamu berniat untuk mengganti mobil lama dengan mobil baru? Apakah kamu sudah menentukan mobil jenis apa yang menjadi pilihan terbaik untukmu? Nah, berikut ini terdapat beberapa perbedaan mobil SUV dan mobil MPV agar kamu tak salah pilih.

5 Perbedaan mobil SUV dan mobil MPV yang perlu kamu tahu

Source: carkrew.com

1. Kapasitas penumpang.

Perbedaan yang paling mencolok antara mobil SUV dan mobil MPV adalah kapasitas penumpang. Pada umumnya mobil MPV bisa mengangkut lebih banyak orang dibandingkan dengan mobil SUV. Mobil MPV biasanya memiliki 7 kursi berbeda dengan mobil SUV yang memiliki 5 kursi. Tapi hingga sekarang, sudah mulai bermunculan mobil SUV dengan 7 kursi.

2. Konsumsi bahan bakar.

Mobil MPV sering disebut sebagai mobil keluarga. Dengan kapasitas angkut yang besar membuat mobil ini harus memiliki sistem pengolahan bahan bakar yang irit. Hal ini berbeda dengan mobil SUV yang dibekali dengan mesin berkapasitas besar. Konsumsi bahan bakar tentu lebih boros karena merupakan jenis mobil bertenaga besar untuk melewati berbagai medan yang sulit.

3. Ground Clearance.

Ground Clearance menjadi perbedaan yang paling sering terlihat dari luar. Mobil SUV memang didesain memiliki Ground Clearance lebih tinggi untuk menghadapi medan yang sulit. Biasanya mobil SUV memiliki Ground Clearance di atas 200 mm. Beberapa mobil MPV juga sudah memiliki Ground Clearance 200 mm karena kebutuhannya untuk mengangkut banyak orang.

4. Dimensi ban.

Mobil SUV biasanya memiliki pelek 15 inci atau lebih dengan ban yang lebar dan tebal. Meskipun sudah banyak mobil MPV yang memiliki pelek 15 inci atau lebih, tetapi biasanya tetap menggunakan ukuran ban yang standar. Kamu bisa langsung mengetahui perbedaannya jika melihatnya secara langsung.

5. Harga.

Jika dibandingkan dengan kebutuhan penggunanya, mobil MPV memiliki harga yang lebih murah dengan daya angkut besar dan irit bahan bakar. Sementara mobil SUV dengan tenaga besar dan fitur-fitur premium.

Inilah beberapa perbedaan yang menjadi keunggulan serta kelemahan mobil SUV dan mobil MPV. Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu dan jangan sampai kamu salah memilih.