×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah penyebab dan tips mengatasi air kencing bau

0

Kesehatan

Inilah penyebab dan tips mengatasi air kencing bau

Kesehatan seseorang bisa dilihat dari warna dan bau air kencingnya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Udin Sedunia

11 / 04 / 2019 09:15

Kesehatan seseorang bisa dilihat dari air kencingnya. Dari warna dan baunya, air kencing dapat diketahui makanannya apa dan kondisi tubuh pun bisa diketahui. Makanya ada istilah tes urine.

Warnanya bisa menjadi indikator pola makan, kadar hidrasi, dan kondisi kesehatan. Sedangkan baunya mencerminkan apa yang sudah dicerna oleh tubuh.

Inilah penyebab dan tips mengatasi air kencing bau

Sumber: https://kapsulmetama.com/

Air kencing bisa saja berubah menjadi bau. Perubahan bau yang tidak terlalu aneh itu hanya disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi dan itu tidak berbahaya. Namun selain dari makanan ada juga hal lain yang bisa menyebabkan air kencing kamu bau.

Loading...

1. Banyak minum kopi.

Mungkin para pria pasti mengalaminya. Jika setelah minum kopi biasanya air kencing kamu akan bau. Hal itu biasa terjadi dan tentunya tidak berbahaya bagi kesehatan.

2. Makanan menyengat.

Pada beberpa jenis makanan yang memiliki bau khas juga bisa memengaruhi bau pada air kencing. Seperti bawang putih, sebab makanan tersebut bisa meningkatkan kandungan sulfur pada urine sehingga baunya pun akan berubah. Selain itu ada juga makanan lainnya seperti asparagu, jengkol, dan pete.

3. Dehidrasi.

Kekurangan cairan pada tubuh setidaknya akan memengaruhi bau air kencing kamu. Bila kita kekurangan cairan maka kadar air dalam urin juga akan berkurang. Jika hal itu terjadi maka akan meningkatkan konsentrasi warna dan bau pada urine.

4. Obat-obatan.

Ketika kamu sedang mengonsumsi obat untuk penyakit tertentu atau suplemen kesehatan, air kencing juga bisa jadi lebih berbau. Hal tersebut terjadi karena adanya kandungan seperti sulfonamida pada obat-obatan tersebut.

Itulah penyebab air kencing yang paling umum sering terjadi. Dengan mengetahuinya, jik tidak ingin air kencingmu bau, maka kamu bisa menghindari penyebab tersebut.

Setelah membahas beberapa penyebab baunya air kencing, tentunya kita menjadi penasaran dong cara mengatasinya. Sebetulnya tak penting bau air kencing disebabkan karena apa sebab yang pemting kita sendiri selaku yang mengalaminya bisa mengatasinya. Nah, inilah cara untuk meminimalisir bau air kencing tersebut.

1. Konsumsi air putih yang cukup, 8 gelas per harinya

2. Setiap hari harus 5-7 kali kencing, jika kurang tambah porsi minum

3. Bersihkan bagian luar kelamin

4. Jangan sampai menahan buang air kecil

5. Jangan terlalu sering buang air kecil bila belum perlu

6. Ketika buang air kecil jangan mengeluarkan urine terlalu cepat

Yang perlu kamu perhatikan adalah jika air kencing terus-terusan bau dan bukan disebabkan oleh makanan ataupun obat-obatan. Apalagi dengan disertai rasa sakit, mual dan muntah, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red