×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah pembalap yang memelopori gaya knee down di ajang MotoGP

0

News

Inilah pembalap yang memelopori gaya knee down di ajang MotoGP

Siapa sebenarnya pelopor gaya knee down di ajang balap motor? Berikut ulasannya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

AutoVan

01 / 03 / 2019 11:15

Pengguna motor sport, apalagi di kalangan anak remaja pasti tahu yang namanya knee down. Suatu kondisi di mana biker melakukan manuver cornering dengan menurunkan satu lutut sebagai tumpuannya.

sumber : gridoto.com

Ternyata bukan untuk gaya-gayaan saja loh. Tren knee down ini bermula dari ajang balapan ketika pembalap harus melibas tikungan agar mendapatkan waktu yang tercepat. Karena berasal dari ajang balap, nama Kenny Roberts Sr sempat 'dituduh' sebagai pembalap yang mempelopori menikung dengan satu lutut tersebut. Namun pengakuan mengejutkan darinya bahwa ia terinspirasi dari pembalap Jarno Saarinen, seorang pembalap legendaris asal Finlandia.

sumber : gridoto.com

Jarno Saarinen memulai karir balapnya sudah sejak tahun 1961 yang saat itu usianya baru 16 tahun. Saat ia beraksi, banyak orang yang menilai gaya Jarno Saarinen punya ciri khas tersendiri dengan selalu memposisikan dadanya di atas tangki, kemudian mengarahkan badannya searah dengan tikungan sambil mengeluarkan lututnya.

Loading...

Dari ciri khas gaya Jarno saat balapan tersebut akhirnya menginspirasi Kenny Roberts Sr yang kemudian menyempurnakan gaya tersebut menjadi knee down seperti sekarang yang terlanjur populer di ajang MotoGP.

sumber : gridoto.com

Kenny sendiri saat itu melihat langsung pertunjukan knee down Jarno Saarine saat melakukan balapan di Ontario Speedway pada tahun 1973. Berbekal selotip di lututnya, Kenny mengemas cara knee down dari pembalap panutannya dengan cara lebih ekstrem sampai lutut menggesek aspal.

Hasilnya sampai sekarang gaya knee down sudah menjadi gaya basic yang digunakan setiap ajang balap, terlebih di MotoGP. Jadi jangan heran wearpack di bagian lutut para pembalap ada sedikit punukan yang gunakan untuk menahan gesekan antara kaki dengan aspal.

sumber : gridoto.com

Jadi kurang lebih begitu sejarah gaya knee down. Semoga bermanfaat.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red