Pembelian A-4 Skyhawk boleh jadi merupakan salah satu pembelian Jet tempur paling rahasia Indonesia. bagaimana tidak, Skyhawk A-4 merupakan jet tempur buatan AS tapi berada di Israel. pada juni 1979, operasi Alfa digelar oleh AU untuk mendatangkan pesawat ini.

Jet tempur paling rahasia milik Indonesia ini mampu bawa bom nuklir Jet tempur A-4 Skyhawk

Pada Mei 1980 sebanyak 31 unit A-4E (single seater) dan dua TA-4H (dual seater) mulai dikirim dari Israel ke Indonesia menggunakan kapal laut.

Pengiriman yang dilaksanakan secara sangat rahasia itu berlangsung selama 21 bulan dan berakhir pada 31 Agustus 1982.

Jet tempur paling rahasia milik Indonesia ini mampu bawa bom nuklir Foto;Indomiliter.com

Pesawat tempur jenis bomber ini termasuk canggih di masanya, sistem persenjataaan yang lengkap dan jangkauannya mumpuni membuat angkatan Udara RI sangat ingin menggunakan bomber ini.

Jet tempur paling rahasia milik Indonesia ini mampu bawa bom nuklir Skuadron A-4 Skyhawk

A-4 Skyhawk dilengkapi persenjataan dua kanon Colt Mk 12 kaliber 20 mm, lima pod atau station bomb (dua pod di masing-masing sayap dan satu pod di bawah fuselage).

Senjata berupa roket dan rudal antara lain empat tabung peluncur roket LAU-10 berisi roket Mk 32 Zuni kaliber 127 mm, empat rudal udara ke udara AIM-9 Sidewinder, rudal udara ke permukaan masing-masing dua AGM-12 Bullpup, dua AGM-45 Shrike anti-radiation missile, dua AGM-62 Walleye TV guided glide bomb, dan dua AGM-65 Maverick. Sejumlah bom menjadi persenjataan andalan A-4.

A-4 juga bisa mengangkut bom nuklir B57 dan B61.

Operasi terakhir yang dilakukan oleh A-4 Skyhawk adalah operasi militer di Timor Timur pada tahun 1975, kemudian digantikan oleh Sukhoi Su-27/30.