×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 4 manfaat labu kuning bagi kesehatan

0

Kesehatan

Inilah 4 manfaat labu kuning bagi kesehatan

Foto: Susanne Jutzeler, suju-foto dari Pixabay

Labu kuning merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

13 / 05 / 2020 10:55

 

Meski banyak orang Indonesia yang mengonsumsi labu kuning, namun belum tentu mereka mengetahhui manfaat yang didapat dengan mengonsumsi makanan tersebut. Nyatanya, manfaat mengonsumsi labu kuning bagi kesehatan sangatlah beragam. Labu kuning sering kali diolah menjadi kolak, yang umumnya disantap ketika waktu berbuka di bulan puasa ini.

Lantas, apa saja kandungan gizi dan nutrisi yang dimiliki oleh labu kuning? Labu kuning memiliki setidaknya 19 vitamin dan mineral, termasuk antioksidan, serat, dan nutrisi lain. Dalam 100 gram labu kuning, terdapat sekitar 1 gram protein, 26 kalori, 6,5 karbohidrat, 21 miligram kalsium, 2,7 gram gula, 12 miligram magnesium, dan 340 miligram kalium. Oleh sebab itu, buah berwarna kuning atau oranye ini merupakan salah satu makanan sehat dan kaya akan nutrisi, yang dapat kamu konsumsi dengan berbagai cara.

Dengan beragam nutrisi yang dimilikinya, labu kuning tentunya memiliki sejumlah manfaat yang sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuhmu, di antara sebagai berikut.

1. Menurunkan risiko kanker.

Loading...

Apakah kamu pernah mendengar mengenai manfaat labu kuning untuk kanker? Pada dasarnya, labu kuning memiliki kandungan vitamin serta beta karoten. Beta karoten sendiri akan diolah menjadi vitamin A di dalam tubuh, yang mana sangat baik untuk kesehatan mata dan kulitmu. Namun bukan itu saja, beta karoten juga berperan sebagai antioksidan yang mampu membantu melawan zat-zat radikal bebas yang dapat memicu terbentuknya sel kanker di dalam tubuh.

Perlu kamu ketahui, bahwa orang-orang yang sering mengonsumsi betakaroten, memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit kanker, terutama kanker paru-paru dan kanker prostat. Meski begitu, dosis aman dalam mengonsumsi beta karoten dan rekomendasi porsi dari labu kuning untuk mendapatkan manfaat ini masih perlu dikaji lebih jauh.

2. Meningkatkan kesehatan jantung.

Manfaat lain dari mengonsumsi labu kuning yang tak kalah baik adalah dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian menunjukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi labu kuning secara rutin memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena serangan jantung.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Labu kuning juga dapat membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang yang mudah terserang penyakit. Hal ini disebabkan karena, vitamin C dan vitamin A dalam labu kuning juga berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini tentunya dapat membantu melawan infeksi virus, bakteri, dan jamur yang menyerang tubuh.

4. Menurunkan berat badan.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa labu kuning juga kaya akan kandungan serat, yang mana dapat memperlambat proses pencernaan. Hal ini akan membuat perutmu terasa kenyang lebih lama. Dalam secangkir labu kuning terdapat sekitar tujuh gram kandungan serat. Jumlah tersebut lebih banyak dibanding dua potong roti gandum.

Selain dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama, serat yang terdapat pada labu kuning juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, serta menurunkan tekanan darah dan kolesterol di dalam tubuh. Tak hanya itu, serat juga dapat membantu mengatasi sembelit, meningkatkan daya tahan tubuh, dan memelihara kesehatan usus. Labu kuning juga merupakan makanan yag rendah kalori dan mengandung banyak air, sehingga dapat menghidrasi tubuh dengan baik.

Itu dia empat manfaat mengonsumsi daun kuning untuk kesehatan yang dapat penulis sampaikan. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kamu semua.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red