Mungkin sehari-hari kamu pernah menemukan helaian rambut yang rontok, seperti di bantal atau lantai kamar. Jangan panik dulu, selama rambut yang rontok masih berjumlah sekitar 100 helai dalam sehari, hal itu masih tergolong normal, kok. Namun, jika setiap menyisir atau keramas rambut kamu sering rontok dalam jumlah yang banyak, hal ini harus kamu waspadai. Bisa jadi kamu sedang mengalami gejala rambut mudah rontok atau patah, yang merupakan salah satu tanda kerusakan rambut. Jangan khawatir, coba terapkan beberapa solusi di bawah ini untuk mengatasi masalah rambut rontokmu!

Asupan untuk Rambutmu

Sama seperti tubuh, rambut akan semakin kuat jika diberikan nutrisi dari dalam maupun dari luar. Karena itu, pastikan kamu memberi cukup nutrisi untuk rambut, agar bisa tumbuh dengan kuat dan sehat.

Nutrisi dari Dalam

Ini yang harus kamu lakukan supaya rambut nggak gampang rontok

Coba perhatikan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Apa kamu sudah mengonsumsi makanan yang tepat? Rambut membutuhkan asupan mineral untuk bisa tumbuh dengan kuat, seperti kalsium, zat besi, dan zink, yang bisa didapatkan dari berbagai buah, sayuran, dan makanan sehat lainnya.

Nutrisi dari Luar

Ini yang harus kamu lakukan supaya rambut nggak gampang rontok

Hal ini tak kalah penting, lho. Kamu harus rutin merawat rambut dengan produk perawatan terbaik yang paling mengerti soal kerusakan rambut. Dengan pemakaian yang rutin dan konsisten, rambutmu akan tumbuh lebih sehat, kuat, dan bebas tanda kerusakan, termasuk rambut yang mudah patah atau rontok.

Sayangi Rambutmu

Di samping nutrisi dari dalam dan luar, perlakuan sehari-hari terhadap rambut juga dapat memengaruhi kesehatan dan kekuatan rambut, lho. Berikut beberapa tips agar kamu bisa lebih menyayangi rambutmu:

Jangan ikat rambut terlalu kencang, karena dapat menyebabkan akar rambut tertarik dari kulit kepala. Selain membuat kulit kepalamu sakit, akar rambut bisa menjadi semakin rapuh dan mudah rontok.

Sisir rambut dengan cara yang tepat, yaitu mulai dari bagian bawah, sambil menahan bagian atas rambut agar akarnya tidak tertarik. Setelah itu, baru perlahan bergerak ke arah akar, untuk menyisir rambut bagian atas.

Gunting ujung-ujung rambut secara rutin. Hal ini berguna untuk menghilangkan bagian-bagian rambut yang sudah mati atau rusak.

Jika kamu sudah memperlakukan rambut dengan baik, tidak usah khawatir lagi soal rambut rontok dan tanda-tanda kerusakan rambut lainnya. Selamat mencoba!