Siapa yang tidak mengenal band Dewa 19, band yang dipimpin Ahmad Dhani ini menjadi salah satu band legendaris dengan karya-karyanya. Salah satu lagu yang amat terkenal bagi para pendaki gunung adalah lagu berjudul Mahameru, lagu yang terdapat dalam album Format Masa Depan.

Potret Lawas Ari Lasso, Piyu Padi dan Ahmad Dhani saat mendaki Semeru

Lagu Mahameru kala itu masih dinyanyikan vokalis Dewa yakni Ari Lasso. Lagu tersebut seakan menjelma dan membuat para pendaki gunung semakin ramai menginjakkan kakinya ke Mahameru.

Bait demi bait liriknya amat mengena tentang suasana pendakian gunung. Puncak gunung Mahameru dan segala keindahan alamnya juga dihadirkan lengkap di keseluruhan bait.

Berikut salah satu reff di lagu Mahameru:

Mahameru berikan damainya
Didalam beku `Arcapada`
Mahameru sebuah legenda tersisa
Puncak abadi para dewa

Masihkah terbersit asa
Anak cucuku mencumbui pasirnya
Disana nyalimu teruji
Oleh ganas cengkraman hutan rimba

Lirik tersebut amat fenomenal dan menceritakan proses pendakian gunung Mahameru yang luar biasa. Lantunan suara Ari Lasso pun begitu mengena. Namun siapa yang sangka, bahwa kala itu tepatnya tahun1992, Ari Lasso menginjakkan kakinya ke Semeru bersama para sahabatnya, termasuk gitaris band Padi, Piyu.

Di akun Instagram Pendaki Lawas @pendakilawas, sebuah foto memperlihatkan kebenaran foto di mana Ari Lasso, Piyu Padi dan dua sahabat lainnya terlihat tengah mendaki gunung Semeru.

Potret Lawas Ari Lasso, Piyu Padi dan Ahmad Dhani saat mendaki Semeru wajah Ari Lasso (dua dari kiri)

"Karya Agung sang Musisi hebat," tulis@soni_kurniazka

"Dan tercipta lah Lagu Mahameru dari@de19wadan Mahadewi lagu nya@padibandciptaan mas Piyu," tulis akun@belsatria