×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini pentingnya terapkan pola makan sehat agar kualitas hidup meningkat

0

Kesehatan

Ini pentingnya terapkan pola makan sehat agar kualitas hidup meningkat

Perlunya menerapkan pola makan sehat di antaranya agar kesehatan fisik dan mental terjaga.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Adinda Cahyani

08 / 02 / 2019 15:17

Mengapa megonsumsi makanan sehat itu penting? Makanan merupakan salah satu unsur penting dalam kelangsungan hidup manusia. Setiap orang dapat bebas memilih apapun jenis makanan yang mereka suka. Jenis makanan yang dipilih menjadi penentu kualitas kehidupan seseorang yang erat kaitannya dengan kesehatan.

Tidak semua jenis makanan merupakan makanan yang sehat dan baik untuk kesehatan. Menurut Made Runatha, Chef and Co-Founder Moksa Ubud (2019), makanan sehat adalah makanan yang memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pertumbuhan dan untuk perbaikan sel-sel yang rusak dalam tubuh. Beberapa nutrisi yang dimaksud seperti karbohidrat, protein, vitamin yang berguna untuk proses metabolisme tubuh.

 

Pengetahuan terhadap makanan sangat memengaruhi pilihan individu.

Dalam memilih makanan sebaiknya mengetahui dan mengerti kandungan apa yang diperoleh dan apa fungsinya bagi tubuh. Jenis makanan organik adalah opsi yang tepat untuk pola hidup sehat. Karena sesuatu yang bersumber dari alam jauh lebih sehat, serta menjamin keseimbangan antara manusia dengan lingkungan.

Namun perlu diperhatikan bahwa organik tidak sama dengan vegetarian. Nabati dan hewani yang murni diproduksi oleh alam dan tidak terkontaminasi oleh bahan-bahan buatan manusia seperti pupuk kimia, merupakan sumber makanan organik. Makanan sehat tidak harus selalu vegetarian. Itu kembali pada pilihan setiap individu mengingat kebutuhan akan nutrisi setiap orang juga berbeda.

Berdasarkan golongan darah makanan dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu, bermanfaat, netral, dan merugikan. Namun, bukan berarti selanjutnya makanan di luar definisi tersebut ‘buruk’ dan tidak boleh dikonsumsi, ini kembali pada masing-masing persepsi individu. Ada saatnya tubuh memerlukan kandungan lain yang ada pada makanan tertentu. Contohnya makanan manis dapat memicu diabetes. Apakah artinya kita tidak dapat mengonsumsi makanan manis? Tentu saja boleh. Kandungan glukosa dalam makanan manis juga memiliki manfaat apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan. Kekurangan akan glukosa juga tidak baik untuk kesehatan, porsi seimbang adalah pilihan yang baik.

Bagaimana degan jenis makanan hewani? Daging dikatakan sebagai sumber protein hewani yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Namun, dalam mengonsumsi daging ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Daging adalah makanan yang bersifat acidic dan tidak mudah untuk dicerna di dalam tubuh. Sehingga menjadi penting untuk tidak mengonsumsi daging secara berlebihan. Selain itu, perlu mengetahui bagaimana pengolahan daging tersebut. Pada dasarnya tidak ada makanan yang buruk, kuncinya bagaimana kesadaran individu dalam menyesuaikan antara porsi dan kebutuhan akan gizinya supaya seimbang.

 

Pentingnya mengonsumsi makanan sehat bagi tubuh.

Makanan sehat membawa banyak manfaat baik bagi tubuh, seperti anti-aging, lebih kuat, mempunyai energi lebih untuk beraktivitas, rambut lebih kuat, jarang sakit dan menyembuhkan banyak penyakit secara alami di dalam tubuh. Sebaliknya mengonsumsi makanan dengan kandungan zat yang tidak diperlukan tubuh dalam jumlah yang berlebihan, dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan seperti gangguan makan, penyakit diabetes, dan gangguan pada hati yang juga akan berdampak pada kesehatan mental. Dalam salah satu buku berjudul ‘Healing Yourself’ (Ryuho Okawa, 2008) juga disebutkan “Almost all modern disease are caused by three factors what we eat, lack of exercise and stress”. Pernyataan ini menunjukan bahwa makanan dapat menjadi salah satu penyebab dari berbagai macam penyakit.

Faktanya, masih banyak orang yang tidak menyadari pentingnya mengonsumsi makanan sehat. Beberapa orang beranggapan bahwa “Healthy food is not tasty!”. Ini menjadi semacam problem di masyarakat yang dijadikan alasan untuk tidak mengonsumsi makanan sehat. Selain penting untuk menjaga kesehatan tubuh, makanan juga menjadi salah satu penunjang kesehatan mental. Salah satu penelitian University of Montreal di Quebec menjelaskan bahwa paparan pestisida yang terdapat pada makanan seperti strowberi, seledri meningkatkan risiko Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) pada anak. Hal ini mendukung pernyataan bahwa kandunngan yang ada pada makanan memengaruhi Mental wellbeing seseorang. Makanan sehat memberikan fokus lebih banyak, berpikir jernih, bahkan bisa menumbuhkan rasa empati dalam diri.

Gaya hidup sehat sangat baik untuk segera diterapkan. Pola hidup sehat dapat dimulai dari hal sederhana, yaitu memerhatikan pola makan. Makanan yang memiliki kandungan nutrisi lengkap dan sesuai dengan kebutuhan penting dijadikan dasar pertimbangan demi menjaga stamina agar tetap bugar dalam beraktivitas. Selain itu, banyak manfaat yang dapat dirasakan, seperti terhindar dari risiko penyakit mematikan. Di samping untuk kebaikan fisik juga baik untuk kesehatan mental.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red