×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini lho manfaat daging buah, biji, serta daun mangga

0

N/A

Ini lho manfaat daging buah, biji, serta daun mangga

Buah yang mudah ditemukan di Indonesia ini memiliki rasa yang manis dan banyak manfaat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Prihatin Thepein

26 / 03 / 2019 14:30

 

Siapa yang tidak kenal buah satu ini? Buah berbiji sangat besar ini memiliki rasa yang manis. Tidak hanya rasanya saja yang manis, ternyata buah yang mudah tumbuh di daerah tropis ini juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Tak kalah dari daging buahnya, biji dan daunnya pun berguna dan baik untuk kesehatan. Berikut penjelasannya.

1. Sebagai antioksidan tubuh.

Buah mangga merupakan sumber beta-karoten, kalium, dan vitamin C. Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh dan akan diubah menjadi vitamin A (zat yang penint untuk fungsi retina). Beta-karoten (dan vitamin C) juga tergolong antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat emnetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul-molekul tak stabil yang dihasilkan oleh ebrbagai proses kimia normal tubuh, radiasi matahari atau kosmis, atau asap rokok, dan pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya.

 

Loading...

2. Untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Di samping berfungi sebagai antioksidan, vitamin C pada buah mangga memiliki fungsi menjaga kesehatan pembuluh-pembuluh kapiler, kesehatan gigi, dan gusi. Vitamin C pada buah mangga juga membantu penyerapan zat besi dan dapat menghambat produksi natrosamin, satu zat pemicu kanker. Vitamin C pada buah mangga juga mampu membuat jaringan penghubung tetap normal dan membantu penyembuhan luka.

Kandungan vitamin C buah mangga cukup layak diperhitungkan. Setiap 100 gram bagian buah mangga masak yang dapat dimakan memasok vitamin C sebanyak 41 mg, buah mangga muda bahkan hingga 65 mg. Berarti dengan mengonsumsi buah mangga ranum 150 gram atau buah mangga masak 200 gram, kecukupkan vitamin C yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan dewasa per hari (masing-masing 60 mg) dapat terpenuhi.

 

3. Mengandung kalium menurunkan risiko stroke.

Kalium mempunyai fungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kotraksi otot, dan membantu tekanan darah. Konsumsi kalium yang memadai dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah, dan secara bebas memberikan kontribusi terhadap penurunkan risiko terkena stroke. Satu penelitian menunjukkan bahwa bila seseorang menambahkan sepotong buah tinggi kalium ke dalam pola makanan sehari-hari, risiko terkena stroke fatal dapat dikurangi sebesar 40 persen. Konsumsi esktra kalium sebanyak 400 mg setiap hari dapat mengurangi kemungkinan mendapat penyakit jantug dan pembuluh darah. Kalium pun terdapat melimpah pada mangga yang mana tiap 100 gram buah mangga terkandung sebesar 189 mg.

 

4. Baik untuk pencernaan, kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan.

Kandungan asam galat pada buah mangga sangat baik untuk saluran pencernaan. Sedangkan kandungan riboflavinnya sangat baik untuk kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan.

 

5. Menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Buah mangga berkhasiat membantu menyembuhakn berbagai penyakit, di antaranya radang kulit, influenza, asma, radang saluran napas, dan borok. Selaiun itu juga bisa mengatasi diare, mabuk perjalanan, cacingan, kurang nafsu makan, keputihan, gangguan mentruasi, hernia dan rematik.

 

Berikut khasiat dari biji mangga.

Biji mangga ternyata juga bagus untuk pengobatan diare. Biji harus dikumpulkan selama musim mangga, dikeringkan di tempat teduh, dijadikan bubuk, serta disimpan untuk digunakan sebagai obat bila diperlukan. Hasil riset Christina Engels, peneliti dari Universitas Alberta di Kanada juga menunjukkan bahwa biji mangga dapat digunakan menjadi pengawet makanan alami. Belah biji mangga lalu ambil keping lembaganya, kemudian ekstrak. Hasil riset Engles, menungkapkan larutan ekstrak keping lembaga mangga mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab daging busuk.

 

Khasiat daun mangga.

Daun mangga muda dapat untuk mengobati asam urat. Caranya seduh daun mangga muda dalam gelas sebagai menyeduh teh. Sebentar saja air putih panas itu berubah warna menjadi kecoklat-coklatan, kemudian tambahkan sedikit gula putih. Lalu minum seduhan daun mangga muda itu.

Di samping itu daun mangga juga apat berfungsi sebagai obat diabetes. Caranya cukup dengan merendam daun mangga semalaman dalam secangkir air, setelah itu tiriskan daun keluar dan minum airnya. Hal ini membantu untuk meringankan gejala diabetes.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red