Kamu pernah penasarannggak sih kenapa Indonesia memilih Minggu sebagai hari libur. Kenapa bukan Senin atau hari-hari lainnya? Namun tentunya hal tersebut bukan tanpa alasan, karena ternyata hal itu juga dipengaruhi oleh sejarah lho.

Sebenarnya pemilihan Minggu sebagai hari libur diprakarsai oleh bangsa Romawi Kuno. Mereka meyakini bahwa Minggu merupakan hari yang baik untuk menunaikan ibadah menurut kepercayaan mereka. Alhasil mereka menghentikan aktivitas bekerjanya di hari Minggu untuk beribadah.

Ini alasan di balik Minggu jadi hari libur, mitos atau fakta ya?

Selain itu mereka juga memiliki kebiasaan untuk selalu menandai hari penting, salah satunya Minggu yang ditandai menggunakan warna merah. Ternyata kebiasaan bangsa Romawi tersebut diikuti oleh bangsa-bangsa Eropa seperti Prancis, Jerman, Inggris, dan juga Belanda.

Nah, di sini peran Belanda yang kala itu menjajah Indonesia membawa kebiasaan memilih Minggu sebagai hari libur dari segala aktivitas. Sejak saat itu, Minggu ditetapkan sebagai hari libur bagi seluruh pekerja atau aktivitas-aktivitas instansi.

Ini alasan di balik Minggu jadi hari libur, mitos atau fakta ya?

Jadi, yang menyebabkan Indonesia memilih Minggu sebagai hari libur adalah karena pengaruh bangsa Belanda yang selama bertahun-tahun menjajah Indonesia. Sehingga kebiasaan para orang Belanda juga diikuti oleh masyarakat Indonesia. Namun, alasan itu tak semua mempercayainya. Jadi alasan penetapan ini mitos atau fakta?