×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini dia 5 pekerjaan sampingan yang cocok buat mahasiswa

0

N/A

Ini dia 5 pekerjaan sampingan yang cocok buat mahasiswa

Pekerjaan paruh waktu ini bisa kamu coba untuk menambahkan uang saku sekaligus mendapatkan pengalaman.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Era Rina Juniarti Simanjuntak

10 / 09 / 2019 12:13

Kewajiban utama sebagai seorang mahasiswa adalah menimba ilmu di kampus dengan sebaik-baiknya. Soal kebutuhan sehari-hari, umumnya kamu tak perlu pusing karena sudah ditanggung oleh orang tua. Tapi terkadang keinginan untuk mandiri dan tak merepotkan orang tua menjadi salah satu alasan untuk mencari kerja sambilan. Untuk itulah kamu perlu berusaha menghasilkan uang dari hasil jerih payah sendiri. Salah satunya adalah dengan bekerja paruh.

Berikut ini merupakan pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu coba untuk menambahkan uang saku sekaligus mendapatkan pengalaman.

1. Guru les.

Ini dia 5 pekerjaan sampingan yang cocok buat mahasiswa

Pekerjaan ini memberikan peluang yang cukup tinggi karena banyak sekali pelajar SMP dan SMA yang membutuhkan bantuan belajar. Dan tentunya honor per jamnya cukup tinggi. Usaha ini sangat menyenangkan karena kamu tidak perlu modal uang, hanya bermodal otak dan tidak perlu membuat kantor. Dengan menjadi guru les kamu dapat memperoleh uang tambahan untuk makan dan beli buku. Kalau bisa mendapatkan murid sampai lima orang atau lebih, kamu bisa gunakan uang tersebut untuk membayar biaya kuliah.

Loading...

2. Jual jasa.

Ini dia 5 pekerjaan sampingan yang cocok buat mahasiswa

Nah kali ini buat kamu yang kuliahnya sibuk, seperti jurusan teknik atau kedokteran. Yang bisa kamu lakukan adalah usaha yang dapat dikerjakan di rumah dan tidak mengganggu tugas kuliah kamu seperti jual pulsa, jasa titip, atau membuka jasa pengetikan buat mereka yang malas. Pekerjaan sampingan ini bisa memberikanmu tambahan uang jajan, tetapi uang yang akan kamu dapatkan mungkin tidak sebanyak jika menjadi guru les.

Jika kamu senang jalan-jalan ke mall atau ke swalayan, kamu cocok sekali untuk buka jasa titip. Jasa titip (jastip) adalah memberikan jasa kepada mereka yang mau membeli produk-produk yang ada di toko tapi konsumen malas untuk keluar membeli barang tersebut. Jadi konsumen menggunakan jasa kita untuk membeli barang tersebut. Biasanya ongkos jastip ini antara Rp15.000-Rp20.000, tergantung kamu ingin kasih harga berapa. Dan jastip tidak selamanya mengenai barang-barang branded, tapi juga bisa berbentuk makanan oleh-oleh, perabotan, dan lain-lain.

3. Pekerja seni.

Bagi kamu yang mempunyai kemampuan di bidang seni seperti bernyanyi, bermain musik, edit video, ini sangat berguna untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan. Ini karena bernyanyi menjadi peluang yang tinggi, bisa nyanyi di acara wedding, di cafe, atau bisa juga membuka channel YouTube. Bila mempunyai kemampuan di bidang fotografi atau edit video, kamu bisa mendaftarkan diri di penyedia jasa fotografi sekitar kampus. Usaha seperti ini kalau kamu sungguh-sungguh tidak membutuhkan modal uang, cukup dengan berani dan berlatih.

4. Bisnis makanan.

Kamu bisa bikin bisnis makanan atau bisnis lainnya yang membutuhkan modal rendah. Jika kamu tidak punya uang, ajak temanmu untuk patungan membuat sebuah usaha. Bisa dengan membuat kue donat atau kripik bermodal rendah yang penting halal. Usaha-usaha ini dapat mengasah mindset entrepreneurship kamu untuk latihan sebelum lulus kuliah dan terjun ke dunia kerja.

5. Penulis artikel.

Kalau kamu punya bakat menulis yang cukup baik, jangan sia-siakan begitu saja. Cobalah menulis dan menyusun kata-kata. Kamu bisa cari-cari info sebagai content writer di internet. Ada yang memberikan honor per tulisan dan syukur bila kamu bisa menjadi content writer tetap untuk suatu media.

Demikian berbagai pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Tentunya pemilihan pekerjaan tersebut mempunyai fleksibilitas waktu yang sangat tinggi. Kamu bisa mengatur waktu kerja dengan jadwal perkuliahaanmu.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red