Fashion dan wanita adalah dua hal yang saling berkaitan erat dan tak bisa dipisahkan. Salah satu hal yang dapat menunjang penampilan wanita adalah tas. Bagi wanita, tas bukanlah sekadar tempat untuk menaruh barang-barang. Tas yangbagus bisa membuat penampilan lebih kece. Salah satu kreasi tas yang bisa kamu pilih adalah kreasi tas decoupage pandan.

Tas decoupage terbuat dari anyaman pandan yang dihias bagaikan lukisan. Anyaman pandan merupakan media yang cocok untuk dibuat hiasan dengan teknik decoupage.Daun pandan banyak dijumpai di Indonesia dan banyak dimanfaatkan masyarakat. Daun pandan dikenal sebagai penumbuh aroma atau penambah wangi aneka makanan tradisional, dan juga dimanfaatkan untuk kesehatan.

Selain itu, ternyata daun pandan pun dapat dimanfaatkan untuk dijadikan bahan pembuatan tas. Melalui tangan-tangan kreatifnya, pengrajin dapat mengubah daun pandan ini menjadi aneka bentuk tas pandan cantik dan menarik.

Decoupage berasal dari bahasa Prancis dcouper, yang artinya memotong. Decoupage merupakan kerajinan atau bentuk seni menggunting dan menempelkan gambar dari potongan-potongan bahan (biasanya kertas maupun tisu). Potongan tersebut ditempel pada objek, lalu dilapisi dengan pernis/ pelitur. Tergantung jenis media yang digunakan, bisa satu hingga beberapa lapisan.

Pernis berfungsi untuk melindungi cat dan kertas agar tahan lama. Potongan kertas atau tisu yang sudah ditempel pada tas anyaman akan nampak dalam sehingga pola dan gambar terlihat seolah-olah dilukis pada objek yang diproses dengan teknik decoupage.

Nah, berikut ini 5 kreasi tas decoupagepandan hasil karya tangan-tangan pengrajin kreatif yang akan membuat penampilanmu semakin kece.

1. Tas bahu decoupagepandan dengan tali kepang.

5 Kreasi tas decoupage pandan yang buat penampilan makin kece

Foto: qlapa.com

Tas ini cocok digunakan untuk kegiatan seperti shopping, liburan, pengajian dan silaturahmi. Tas ini terbuat dari anyaman pandan kombinasi kulit sintetis di bagian atas dan bawah. Jenis kulit sintetisnya adalah PVC polos dan halus. Sementara dengan tambahan tali kepang yang terbuat dari jerami, membuat tas ini mempunyai unsur etnik. Bagian dalam juga dilapisi dengan kain satin.Keunikan tas ini terletak pada motif bunga tiga dimensi yang dibuat handmade dengan teknik decoupage.

2. Tas jinjing decoupage pandan.

5 Kreasi tas decoupage pandan yang buat penampilan makin kece

Foto by Qlapa.com

Tas ini terbuat dari anyaman pandan dipadu dengan kulit sintetis pada bagian bawah, dalam dan pegangannya.Jenis kulit sintetis yang digunakan adalah PVC polos dan halus yang warna krem ataupun netral. Di dalamnya dilapisi board paper sehingga lebih kaku dan kuat.

Keunikan produk ini terletak pada hiasan bunga tiga dimensi di bagian depan yang dibuat handmade dengan teknik decoupage dandivariasikan dengan tali jerami serta renda.Cara membersihkan tas inipun cukup mudah, yaitu jangan mencucinya, melainkan cukup dilap dengan kain agak basah pada bagian yang terkena noda.

3. Sling bag decoupage pandan.

5 Kreasi tas decoupage pandan yang buat penampilan makin kece

Foto: Lovely Bag

Sling bag pandan decoupagesangat cocok dibawa untuk aktivitas sehari-hari dan bisa juga untuk menghadiri acara formal ataupun informal.Cara perawatan produk ini cukup dengan membersihkandebu dan kotoran pada sela-sela lipatannya dengan menggunakan penyedot debu, hairdryer, ataupun kuas cat. Kamu juga disarankan menghindari sinar matahari langsung dalam waktu yang lama agar warnanya tidak mudah pudar.Hindari pula siraman air langsung atau guyuran hujan. Jika terkena air, segera keringkan dengan lap kering, hairdryer, ataupun kipas. Dan terakhir, simpan dalam dust bag ataubox dengan sebelumnya memasukkan kertas atau koran berkas agar bentuknya terjaga. Tas ini mempunyai sifatanti air dan mengkilap.

4. Tas ransel decoupage pandan.

5 Kreasi tas decoupage pandan yang buat penampilan makin kece

Foto: My Lovely Bag

Bahan baku tas ini berasal dari pandan yang dihiasi gambar dengan teknik decoupage yang di finshing vernish. Kualitas jahitan tas bagus dan kuat dengan lapisan tas terbuat dari bahan satin dan kantung dalam risleting. Tas ini tak perlu perawatan khusus, hanya perlu disimpan di tempat yang tidak lembab dan perlu sesekali dibersihkan dengan lap kering dan diangin-anginkan.

5. Clutch decoupage pandan motif bunga.

5 Kreasi tas decoupage pandan yang buat penampilan makin kece

Foto: Carletta Craft

Clutch pandan original ini dihias dengan teknik decowrap. Bagian tutup dihias dengan motif bunga serta bagian badan dengan motif tribal.Cara perawatannya adalah jangan dicuci, simpan dalamdustbagyang diberisilica serta sesekali diangin-anginkan dalam ruang terbuka.