Siapa di antara kalian yang masih sering melupakan penggunaan sunscreenuntuk wajah? Padahal sunscreen merupakan item yang sangat wajib dipakai untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Jangankan ketika berada di luar ruangan, di dalam rumah saja memakai sunscreen itu perlu loh! Sebab sinar matahari dapat masuk dari mana saja.

Meskipun kalian sudah menggunakan rangkaian skincare berlapis-lapis, namun jika tidak memakai sunscreen rasanya percuma saja. Loh, kenapa ya? Daripada penasaran, yuk simak baik-baik penjelasan berikut ini!

1. Kankerkulit.

Sinar ultraviolet pada matahari terbagi menjadi dua jenis, yakni UVA dan UVB. UVB dapat menyebabkan warna kulit menggelap akibat terbakar, sedangkan UVA masuk ke lapisan kulit lebih dalam lagi yang dapat merusak DNA dan menjadi pemicu terjadinya kanker kulit.

2. Penuaan dini.

Tidak memakai sunscreen dapat merusak kolagen dan jaringan di kulit yang menyebabkan berkurangnya elastisitas. Akibatnya, akan muncul kerutan di wajah. Paparan sinar matahari juga dapat menimbulkan bintik hitam pada wajah yang akan membuat warna kulit tidak merata atau hiperpigmentasi. Hal inilah yang mempercepat efek penuaan.

3. Peradangan kulit.

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan peradangan kulit. Selain wajah yang memerah, kandungan UVA pada sinar ultraviolet juga akan memperparah jerawat loh! Jadi buat kalian yang memiliki wajah berjerawat, sebaiknya jangan pernah melewatkan sunscreen karena akan berakibat fatal!

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan bahaya apa saja jika tidak menggunakan sunscreenuntuk wajah? Sebelum terlambat, yuk lindungi kulit wajah kalian dengan rutin memakai sunscreen yang cocok di wajah!