Rambut yang memiliki nama ilmiah Trichoptilosis merupakan salah satu yang paling unik yang melekat pada tubuh kita dan merupakan bagian yang mencerminkan tubuh kita secara utuh. Buktinya adalah saat kita selesai bercukur, betapa berbeda kita. Rambut terutama yang ada di kepala dapat dibentuk dan diwarnai sesuai dengan keinginan kita, namun rambut juga dapat rusak dan rontok apabila tidak dirawat atau tidak cocok dengan bahan/produk yang digunakan. Oleh karena itu agar kita dapat lebih memahami mengenai rambut, berikut ini beberapa informasi seputar rambut manusia yang mungkin belum diketahui oleh readers:

1. Terdapat dua struktur yang membentuk filamen rambut, yaitu folikel rambut di bawah kulit dan rambut yang merupakan filamen di atas kulit.

2. Lapisan terluar rambut disebut kutikula, terdiri dari susunan segmen seperti sisik yang berfungsi melindungi bagian dalam lapisan rambut. Segmen kutikula terlihat datar horizontal jika rambut sehat dan biasanya terlihat vertikal pada rambut kering atau rusak.

3. Susunan rambut terdiri dari bahan keratin, yang juga dapat ditemukan pada lapisan luar kulit dan kuku kita.

4. Rambut dalam analisis kimia, memiliki komposisi : 50% karbon, 21% oksigen, nitrogen 17%, 6% hidrogen , dan 5% sulfur.
Yang menyebabkan warna pada rambut dihasilkan dari dua jenis utama pigmen rambut, yaitu: eumelanin yang menyebabkan warna rambut menjadi hitam, coklat atau berwarna gelap dan pheomelanin yang menyebabkan warna rambut menjadi merah dan pirang.

5. Warna hitam pada rambut adalah yang paling umum di dunia. Kemudian warna merah, yang hanya ada sekitar 1% dari populasi manusia dunia, dan merupakan warna rambut yang paling langka, lalu rambut pirang berada di posisi kedua rambut langka, dengan hanya 2% dari populasi manusia di dunia.

18 Fakta tentang rambut, rontok 40-150 helai sehari


6. Terdapat tiga jenis utama dari rambut manusia yang terbentuk secara alami oleh tubuh, diantaranya:

18 Fakta tentang rambut, rontok 40-150 helai sehari

Rambut Terminal

Adalah rambut yang tumbuh pada dermis dan terlihat di berbagai bagian, seperti: kepala, wajah, tangan, tangan, kaki, ketiak, daerah kemaluan dll. Ketebalan dan tekstur rambutnya bervariasi tergantung pada etnis.

Rambut Vellus

Merupakan rambut yang dapat ditemukan di seluruh tubuh sejak lahir, berupa rambut yang sangat halus, tipis dan tidak terlihat dengan jelas. Rambut Vellus dapat beruah menjadi rambut Terminal setelah masa pubertas, yang dipengaruhi oleh hormon. Fungsi rambut ini sebagai pengatur suhu tubuh yang dihubungkan dengan fungsi sensorik.

Rambut Lanugo

Ketika bayi lahir, seluruh tubuh bayi sebenarnya tertutup atau terlapisi oleh rambut dan kadang-kadang sangat kuat, rambut itulah yang dinamakan rambut Lanugo. Rambut tersebut menutupi tubuh bayi ketika berada di dalam rahim untuk menjaga kulit bayi terhidrasi dan sehat. Rambut Lanugo akan digantikan dengan rambut Vellus setelah kelahiran anak atau seiring dengan bertambahnya usia.

7. Rambut dapat tumbuh hampir di mana saja pada tubuh, kecuali telapak tangan, telapak kaki, di bibir dan selaput lendir pada tubuh manusia.

8. Rata-rata rambut tumbuh 0,3-0,5 mm per hari 1,25 cm atau 0,5 inci per bulan, dan 15 cm atau 6 inci per tahun.

9. Dibutuhkan sekitar 7 tahun bagi rambut yang ada di kepala untuk tumbuh sampai ke pinggang dan 3 tahun untuk tumbuh sampai ke bahu.

10. Rambut lebih elastis dari yang kita pikirkan. Rambut dapat memanjang hingga 30% dari panjang aslinya saat basah.

11. Rambut sangat rentan ketika basah. Segala penarikan, penyisiran dapat membuat rambut rusak. Keramaslah dengan lembut, gunakan telapak tangan (bukan kuku) untuk memijat shampo ke dalam kulit kepala, dan busakan tanpa menggosoknya dengan kuat.

18 Fakta tentang rambut, rontok 40-150 helai sehari

12. Sehelai rambut sebenarnya lebih kuat dari kawat tembaga dengan diameter yang sama.

13. Rambut akan rontok antara 40 sampai dengan 150 helai rambut sehari, jika lebih dari itu maka dikategorikan sudah tidak normal.

14. Ketika rambut rontok, rambut biasanya akan kembali tumbuh. Kejadian rontok rambut hingga 20 kali dalam seumur hidup.

15. Jika sumsum tulang adalah jaringan dengan pertumbuhan paling cepat, maka rambut adalah jaringan yang paling cepat berkembang dalam tubuh manusia setelahnya.

16. Rambut kita terus berkembang, dan memiliki umur sekitar 5 tahun. 90% dari rambut kita tumbuh pada waktu tertentu, sementara 10% lainnya berhenti tumbuh.
Rata-rata orang memiliki 100.000150.000 helai rambut di kepala.

17. Tidak ada perbedaan antara rambut laki-laki dan rambut perempuan dalam hal siklus pertumbuhan dan struktur.

18. Rambut dapat berguna dalam beberapa hal, diantaranya dapat digunakan sebagai spons alami, salah satu kasusnya adalah pada 2007 untuk tumpahan minyak Cusco Busan di San Francisco Bay, rambut digunakan untuk menyerap minyak dari air. Sedangkan dalam Era Victoria dulu, rambut digunakan sebagai perhiasan. Orang menggunakan bros, liontin dan menonton fobs yang terbuat dari rambut orang yang mereka cintai yang telah wafat, ini sebagai cara memberikan penghormatan. Rambut digunakan untuk mencari fakta kejahatan. Ini sering digunakan oleh para ilmuwan forensik untuk mempelajari segala sesuatu dalam aliran darah seseorang, seperti: obat-obatan, alkohol, vitamin dan mineral. Selain itu rambut juga digunakan sebagai sanggul untuk memperindah penampilan wanita di acara-acara formal seperti pernikahan dan pesta lainnya.

Demikianlah beberapa informasi seputar rambut yang dapat penulis bagikan kepada readers, semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat, menambah pemahaman, pengetahuan dan wawasan yang baik dan positif. (Prm)

Sumber:
https://wartikel.com/6422/jenis-jenis-rambut-pada-manusia/
http://chyrun.com/fakta-tentang-rambut/