×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Indonesia punya model rumah yang tahan gempa lho, kayak apa ya?

0

Life

Indonesia punya model rumah yang tahan gempa lho, kayak apa ya?

Salah satunya adalah tipe rumah adat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yuma~

08 / 08 / 2018 14:55

Pada Minggu kemarin (05/08/18), gempa bumi berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR) kembali mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gempa ini menewaskan puluhan orang dan menyebabkan banyak rumah rata dengan tanah.

Rawannya gempa bumi yang terjadi di Bumi Pertiwi ini menjadi alasan mengapa peningkatan struktur bangunan tahan gempa sangat penting di wilayah yang sering terkena bencana gempa. Di Indonesia sendiri, ada beberapa rumah yang telah dirancang untuk tahan  terhadap guncangan gempa. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 2 rumah tahan gempa yang ada di Indonesia.

1. Rumah Teletubbies (Desa Nglepen Baru, Sleman, Yogyakarta).

Indonesia punya model rumah yang tahan gempa lho, kayak apa ya?

Foto: Detik.com

Loading...

Yogyakarta bisa dibilang sebagai daerah yang rawan terjadi gempa bumi. Pada tahun 2006 silam, kota ini diguncang gempa berkekuatan 5,9 SR yang meluluh lantahkan banyak bangunan. Untuk membantu para korban, dibuatlah rumah anti gempa berbentuk kubah yang diberi nama rumah Teletubbies. Rumah ini beneran mirip seperti rumah teletubis yang bulat itu lho.

2. Rumah Panggung.

Indonesia punya model rumah yang tahan gempa lho, kayak apa ya?

Foto: blog.rumahdewi.com

Bahan kayu pada rumah panggung ternyata lebih tahan terhadap gempa bumi. Rumah-rumah yang terbuat dari material beton yang kaku akan mudah ambruk saat adanya guncangan gempa bumi, sedangkan rumah tradisional yang menggunakan material kayu lebih elastis dan akan tetap berdiri kokoh. Inilah alasan yang membuat kenapa rumah kayu seperti rumah-rumah adat lebih aman dibandingkan rumah biasa yang belum dirancang untuk tahan terhadap gempa.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red