Gunung Merbabu termasuk dalam gunung api yang bertipe strato, secara administratif gunung merbabu berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah.

Di jaman now ini telah banyak para kawula muda yang hoby mendaki. Nah, salah satunya adalah Gunung Merbabu ini selain menyajikan view yang instagrammable banget nih, gunung ini juga mempunyai banyak kawasan hutan loh yaitu Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung. Keren banget kan? Pasti pengin dong mendaki ke merbabu hehehe

Gunung Merbabu cukup populer sebagai ajang kegiatan pendakian loh dan medannya juga tidak terlalu berat namun potensi bahaya yang harus diperhatikan pendaki adalah udara dingin, kabut yang tebal, hutan yang lebat namun homogen, serta ketiadaan sumber air. Jadi, kalo mau mendaki ke gunung merbabu harus membawa air yang cukup biar nggak kehausan.

Kisah pendakian Gunung Merbabu yang bikin mupeng, ayo naik gunung

Kisah pendakian Gunung Merbabu yang bikin mupeng, ayo naik gunung

Gunung ini mempunyai cukup banyak jalur pendakian, Jalur Kopeng Thekelan di Salatiga, Jalur Wekas di Kaponan, Jalur Kopeng Cunthel di Bumi perkemahan Umbul Songo, Jalur Suwanting di Dusun Suwanting Desa Banyuroto Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang dan Jalur pendakian Merbabu Via Selo yang saat ini menjadi jalur yang relatif lebih ramai dari jalur yang lainnya.

Karena, menyajikan pemandangan yang indah dengan sabana yang menghampar membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Uuhhh serunya hehe ditambah lagi dari jalur ini tetangga dekat gunung merbabu yaitu Merapi bisa terlihat dengan jelas, jalur Selo bisa dilalui lewat Boyolali.