Udah pernah denger kan tentang permainan-permainan horror, mulai dari yang enteng-enteng kayak jelangkung, naik level ke ouija board, daaaaan tibalah kita di permainan di mana nyawamu taruhannya. Untuk itu, bolehlah kalau kita tau akibatnya lebih dulu, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Pokoknya jangan main yah!

Selain terkenal karena animenya, Jepang terkenal dengan kisah-kisah horror penuh hantu nan ganaz (iya, pake "z"). Hantu-hantu disini jelas-jelas a whole new level dari hantu-hantu lokal maupun hantu-hantu Hollywood. Ciri khas yang bisa dianalisa dari dunia gaib Jepang adalah "para pemakan nyawa". Bukan cuman tukang ngacak-ngacak barang kayak poltergheist, atau tukang nyolong uang kas kayak tuyul (yang nyolong uang kas padahal temen si bendahara yang tukang ngutang). Bukan kayak vampir pula yang abis isep darah terus kamu ketularan. Pokoknya disini banyak banget permainan rampas-rampasan nyawa kalo gak ya culik-culikan. Titik.

Hittori Kakurenbo, horornya main petak umpet dengan diri sendiri

"Hitori kakurenbo" sendiri dapat diartikan sebagai "bermain petak umpet dengan diri sendiri". Tapi sebenernya kamu gak bener-bener sendirian. Permainan ini jelas-jelas berbahaya. Sekali lagi, BAHAYA BANGET! TIDAK UNTUK DICOBA ATAU KAMU AKAN SUSAH SENDIRI! Karena pada intinya, permainan ini berarti menyodorkan tubuhmu untuk arwah atau hantu jenis perasuk yang kuat untuk menjadi tempat tinggal barunya.

Untuk bermain kamu memerlukan sebuah boneka (yang punya 2 kaki dan 2 tangan), beras, benang merah, jarum jahit, air garam/sake (bisa juga dicampur), pisau atau alat penusuk lainnya (pecahan kaca, bahkan pensil mekanik atau pulpen) dan potongan kukumu. Siapkan juga bathub/ember untuk merendam si boneka kelak di dalam kamar mandimu. Rules yang perlu dipatuhi:

1. Kamu cuma boleh main saat sendirian di rumah. Kalau ada orang lain di rumah, nanti mereka bisa kena dampaknya (bahkan hewan peliharaan juga bisa). Kayak mereka yang "ditemukan" nantinya. Yah namanya aja udah "petak umpet dengan diri sendiri", jangan ajak-ajak orang lain lah. *jomblo banget*

2. JANGAN SEKALI-KALI MASUKIN TETESAN DARAH SEBAGAI GANTI KUKU. SAMA AJA KAMU MENGEKSEKUSI DIRI SENDIRI YA.

Penasaran cara mainnya? Check it out:

1. Belah bonekamu, keluarkan isian boneka (dacron dsb), lalu ganti isian tersebut dengan beras dan masukkan potongan kukumu. Jahit menggunakan benang merah dan lilitkan benang beberapa kali di sekeliling leher boneka. Warna merah dianggap mewakili pembuluh darah.

2. Siapkan larutan air garam dalam gelas dan tentukan spot persembunyian. Ambil contoh, lemari yang cukup besar.

3. Pastikan kamu benar-benar sendirian di rumah. Lalu mulai dari kamar mandimu.

4. Beri boneka sebuah nama. Misalnya "Tetew" *jangan tegang-tegang amat*. Pegang boneka dengan kedua tangan. Katakan dengan lantang "Untuk permainan pertama ini, saya (namamu) jadi setannya!". Katakan sebanyak 3 kali dan masukkan boneka ke dalam air.

5. Keluar dari kamar mandimu, lalu matikan semua lampu dan peralatan elektronik. Silahkan nyalakan TV, tapi hanya pada saluran kosong (layar semut-semut ituloh). Tutup mata dan hitung sampai 10. Buka matamu dan ambil pisaumu (atau alat lainnya), dan kembali ke kamar mandi. Katakan "Aku menemukanmu Tetew!" lalu tusuk pisaumu ke boneka. Kamu memenangkan permainan ini karena kamu sudah "menemukan" Tetew.

6. Next, ini bagian kamu menjadi "mangsa". Katakan, "Sekarang Tetew setannya!". Setelah itu, LARI! LARI DAN BERSEMBUNYILAH DENGAN DIAM-DIAM *kalo bawel ya ketahuan lah*

7. Apapun yang terjadi, jangan lepaskan gelas berisi air garam. Air garam diperlukan untuk mengakhiri ritual. Beberapa permainan yang lebih ekstrim mengharuskan menahan seteguk air garam di mulut, dan kamu tidak boleh menelannya setakut apapun kamu. Serem banget!

8. Dengarkan, akan ada begitu banyak bunyi aneh diluar tempat persembunyianmu. TV yang tadi dinyalakan akan menjadi media komunikasi si arwah yang kamu panggil. Beberapa orang menyebutkan penurunan suhu dan bau-bau aneh juga hadir di permainan ini selama mereka bersembunyi. Kadang ada suara langkah kaki. Itu semua pertanda si arwah sedang mencarimu.

9. Kalo kamu udah gak tahan dengan semua gangguan itu, kamu harus mengakhiri ritual. Ambil seteguk air garam, tapi jangan ditelan. Cari si Tetew, karena Tetew atau mungkin pisaunya akan berpindah-pindah tempat. Serius, pasti pindah. Ini bagian sulitnya.

10. Kalo udah ketemu, ludahkan air garam kepada boneka sebanyak mungkin. Katakan sebanyak 3 kali dengan lantang " Aku menang!". Belum selesai disitu, kamu pun harus membakar bonekanya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Banyak laporan tentang akibat-akibat setelah bermain game ini. Ada yang sakit, bahkan melihat kelebatan-kelebatan arwah yang selalu ngintil sepanjang hari. Makanya, ga banget lah buat dimainin! Sayangi nyawamu!

Salah satu cerita paling gone wrong adalah cerita seorang murid pertukaran pelajar asal Amerika Serikat bernama Sarah. Dia melanggar 2 rules yang udah dituliskan di atas. Nih, link yang recommended buat kamu yang mau tau lebih lanjut (website berbahasa Indonesia, biar lebih ngerti)http://j-cul.com/fakta-hitori-kakurenbo-petak-umpet-hantu-jepang/

Terus ngapain kok ada yang nulis artikel kayak gini tapi ngelarang-larang?! Justru itu, berangkat dari kekhawatiran, banyak banget game horror yang sedang trending, ada baiknya dikasih wawasan untuk mencegah hal-hal gak diinginkan. Please deh, kan bisa lihat akibatnya dari pengalaman orang lain. Stop making stupid things famous!