×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Hindari 5 makanan ini agar wajahmu tak berjerawat

0

Kesehatan

Hindari 5 makanan ini agar wajahmu tak berjerawat

Mau wajah bersih dari jerawat? Hindari 5 makanan ini yuk.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Arvi Resvita

14 / 02 / 2021 11:54

Siapa sih yang nggak mau punya wajah yang bersih dan sehat? Semua wanita pasti mau dong. Wajah yang sehat tentu akan membuatmu terlihat cantik, segar, dan pastinya lebih percaya diri. Tapi gimana kalau jerawat itu sudah mulai tumbuh di wajah? Nggak percaya diri itu pasti.

Nah, makanya sebelum jerawat muncul ada baiknya hindari lima makanan ini, yuk.

1. Makanan tinggi gula.

foto: pexels.com

foto: pexels.com

Loading...

Mengonsumsi makanan manis memang hampir dilakukan banyak orang, namun bagaimana jika makanan tersebut memiliki kadar gula yang cukup tinggi? Siap-siap deh wajah kamu akan dipenuhi jerawat yang meradang.

Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung kadar gula tinggi bisa merusak kerja kolagen dan menurunkan elastisitas kulit yang bisa menyebabkan sel kulit mati dan mempercepat gejala penuaan dini.

2. Karbohidrat olahan.

Hindari 5 makanan ini agar wajahmu tak berjerawat

foto: pexels.com

Makanan yang mengandung karbohidrat olahan antara lain pasta, roti, gandum, sereal, dan tepung terigu. Makanan dengan karbohidrat olahan ini bisa memberikan pengaruh negatif pada kadar gula dalam darah dan insulin.

Karbohidrat olahan mudah diserap ke dalam aliran darah dengan cepat sehingga mengakibatkan naiknya kadar gula darah dan insulin. Padahal insulin yang tinggi nantinya bisa menyebabkan hormon androgen lebih aktif lho. Hasilnya? Tentu saja menimbulkan jerawat dan meningkatnya produksi sebum yang membuat wajahmu berminyak.

3. Mengonsumsi makanan berminyak dan tinggi garam.

Hindari 5 makanan ini agar wajahmu tak berjerawat

foto: www.honestdocs.id

Masakan memang nggak akan jauh dari minyak dan garam, namun menggunakan terlalu berlebih atau mengonsumsi mereka setiap hari tentu tidak baik. Mengapa? Karena dua makanan ini disinyalir mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan minyak yang dihidrogenasi. Nah, lemak-lemak tersebut nantinya akan menumpuk dalam sel tubuh dan menyumbat pori-pori kulit wajah yang bisa memunculkan masalah seperti komedo dan jerawat.

So, mulai sekarang yuk coba hindari dua makanan tersebut kalau nggak mau wajahmu berjerawat.

4. Makanan pedas.

Hindari 5 makanan ini agar wajahmu tak berjerawat

foto: wideopeneats.com

Kamu termasuk pencinta makanan pedas? Mulai sekarang yuk kurangi mengonsumsi makanan satu ini.

Kamu pasti sudah tahu dong, mengonsumsi makanan pedas bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Tapi tahukah kamu kalau gangguan pencernaan itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan kulit seperti munculnya jerawat?

Pencernaan yang lancar seperti BAB, bisa membantu tubuhmu mengeluarkan toksin atau zat racun dari tubuh. Nah, ketika pencernaanmu tidak lancar, otomatis membuat toksin dalam tubuhmu terkumpul yang akhirnya dapat menimbulkan jerawat.

5. Susu dan olahannya.

Hindari 5 makanan ini agar wajahmu tak berjerawat

foto: pexels.com

Mengonsumsi susu dan olahan susu memang bagus untuk tubuh karena kandungan kalsiumnya baik untuk tulang. Namun, penggunaannya yang berlebihan bisa memicu jerawat lho.

Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi produk olahan susu cenderung mengalami jerawat lebih tinggi dibanding yang tidak. Meski begitu, olahan susu nyatanya lebih banyak menjadi penyebab timbulnya jerawat dibandingkan dengan susu murni.

Produk olahan susu lebih memungkinkan meningkatkan hormon insulin dan IGF-1 sebagai pemicu jerawat. Mengapa bisa begitu? Ini dikarenakan konsumsi olahan susu seperti yogurt, ice cream, susu dengan perisa dan susu rendah lemak cenderung mengandung lebih banyak gula. Apalagi jika dikonsumsi dengan makanan manis lainnya, sudah pasti akan menaikkan hormon insulin.

Tingginya kadar insulin dan IGF-1 dalam darah ini nantinya akan memicu reaksi peningkatan produksi sebum yang bisa menimbulkan jerawat. Meski demikian, dua hal ini bisa terjadi karena faktor lain juga yang bisa menyebabkan jerawat seperti usia pubertas, kondisi kulit, infeksi bakteri dan kualitas pola makan secara keseluruhan.

Nah, mulai sekarang yuk mulai kurangi mengonsumsi semua makanan di atas kalau kamu nggak mau wajahmu dipenuhi jerawat.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red