Masih minimnya kesadaran banyak pemilik mobil mewah di Jakarta untuk membayar pajak, menuai kontroversi di publik. Terlebih, setelah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyesalkan lantaran sebanyak 1.293 mobil mewah menunggak pajak kendaraan senilai total Rp 44,9 miliar yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan retribusi daerah. Pihaknya pun akan berupaya mengejar para pemilik mobil mewah itu untuk segera menunaikan kewajibannya. Mobil mewah yang dimaksud tentu adalah kendaraan dengan harga minimal Rp 1 miliar.

Sudah bukan hal baru, jika kalangan selebriti, pengusaha dan pengacara kondang di negeri ini banyak yang merupakan penunggang mobil-mobil mewah tersebut. Pengacara keluarga mantan Presiden SBY, Palmer Situmorang mengungkapkan, jika dirinya biasa dibayar sebesar 500 dolar atau Rp 6,5 juta per jam untuk konsultasi hukum. Biaya tersebut belum termasuk penginapan, transportasi, dan keperluan dirinya beserta tim dalam beracara. Tak heran, jika banyak pengacara kondang di negeri ini kerap bergaya hidup glamor.

Nah, lalu berapa rata-rata penghasilan yang diterima para pengacara kondang lainnya sampai bisa membiayai hidup mewah dan mengoleksi mobil-mobil kelas wahid?

Hotman Paris Hutapea

Hidup glamor bak raja, berapa penghasilan para pengacara kondang ini?

Pengacara perlente yang satu ini memang tak perlu diragukan lagi popularitasnya. Hotman Paris juga dikenal blak-blakan saat berbicara, termasuk soal tarif saat membela klien. Dalam sebuah episode tayangan Mata Najwa tahun lalu, Hotman mengaku jika kliennya bisa memberinya 100 ribu dolar atau Rp 1,3 miliar per kasus yang ditangani. Tarifnya kian melonjak saat menangani perkara korporasi. Pria yang juga sempat menangani kasus Angeline ini, mengaku pernah mendapat 12 juta dolar atau sekitar Rp156 miliar saat memenangkan perkara perusahaan tambang terbesar di Indonesia. Bagi Hotman, membeli mobil sekelas Lamborghini tentu semudah membeli kacang goreng yah?

OC Kaligis

Hidup glamor bak raja, berapa penghasilan para pengacara kondang ini?

Ayah kandung dari aktris Velove Vexia ini juga merupakan pengacara senior yang dikenal bergaya hidup glamor dan dekat dengan para pesohor di negeri ini. Sayang, kiprahnya yang sekian puluh tahun dibangun hancur seketika saat dirinya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap hakim dari panitera PTUN Medan tahun 2015 lalu. Saat itu, pria yang diisukan memiliki 9 orang istri ini dipercaya untuk menangani kasus korupsi bansos Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho. Kala itulah terungkap jika OC Kaligis menerima bayaran sebesar Rp4 miliar dari Gatot. Bahkan, Gatot Pujo dan istriya Evy mengaku diwajibkan membayar biaya kepada firma hukum Kaligis sebesar Rp600 juta per bulan untuk 40 jam konsultasi.

Sunan Kalijaga

Hidup glamor bak raja, berapa penghasilan para pengacara kondang ini?

Pengacara yang sosoknya mulai dikenal publik sejak dekat dengan aktris Jennifer Dunn ini memang dikenal memiliki hobi mengoleksi mobil mewah. Dalam sebuah wawancara di televisI, Sunan Kalijaga mengaku memiliki 7 mobil mewah yang kerap ia gunakan sehari-hari. Meski, tidak terungkap pasti bayaran yang ia terima ketika menangani perkara, namun ia sempat mengunggah sebuah foto yang ramai diperbincangkan, saat memamerkan bergepok-gepok uang yang nilainya sekitar ratusan juta rupiah. Namun, pengacara Jennifer Dunn saat ini, Pieter Ell mengungkap, jika tarif pengacara memang tergantung nego dan kasus , biasanya dari mulai Rp100 juta hingga Rp 2 miliar lebih.