Wanita asal Kepulauan Riau menjadi sorotan dunia setelah fotonya memiliki jenggot tebal layaknya seorang pria beredar luas. Dilansir dari dailymail.co.uk, wanita bernama Agustina Dorman itu sudah mulai tumbuh jenggot saat berumur 25 tahun, tepatnya setelah kelahiran anak pertamanya.

Terungkap, ini penyebab wanita ini punya jenggot tebal dan panjang

Awalnya ia merasa malu dengan adanya jenggot tersebut, dan berusaha menutupinya saat pergi keluar rumah. Namun ia tak pernah memotongnya, karena setiap kali ia berusaha memotong jenggotnya tersebut selalu merasa kesakitan dan akhirnya ia membiarkan jenggotnya tumbuh lebat.

Terungkap, ini penyebab wanita ini punya jenggot tebal dan panjang

Namun hal ini bukanlah sebuah penyakit karena satu dari sepuluh wanita di dunia tercatat menderita kelebihan rambut pada bagian wajah tertentu seperti pada kumis, jenggot serta bagian tubuh lainnya. Setelah mengetahui hal tersebut akhirnya ia memutuskan untuk tidak lagi menyembunyikan jenggotnyasejak tahun 2013.

Menurut Rina Davison, ahli endokrinologi dari Whipps Cross University Hospital, London, memgatakan bahwa biasanya perempuan menghasilkan kadar hormon laki-laki atau androgen yang rendah. Tetapi ada juga yang menghasilkan dalam jumlah yang tinggi yang lebih dikenal dengan hirsutisme.

Terungkap, ini penyebab wanita ini punya jenggot tebal dan panjang

Produksi hormon androgen yang begitu tinggi tersebut membuat lebih banyak rambut yang tumbuh di beberapa bagian tubuh, seperti pada area wajah dan bagian tubuh lainnya. Hal itulah yang juga dialami oleh Agustina sehingga ia memiliki jenggot yang lebat layaknya seorang pria.