Setiap orang, baik tua maupun muda pasti pernah merasakan jatuh cinta. Seseorang yang sedang jatuh cinta selalu berharap agar sang pujaan hati mengetahui isi hati mereka dan ingin menyatakan cinta kepada sang pujaan hati. Namun ada beberapa orang yang memiliki rasa cinta kepada karakter-karakter fiksi seperti novel, buku, anime, komik, dan film. Terdengar aneh memang, tapi itulah yang terjadi. Nah, keanehan tersebut dinamakan Fictophillia.

Fitcophillia merupakan sebuah perasaan cinta, obsesi berlebihan terhadap tokoh fiktif yang terdapat di film, anime, buku dan novel.

Dalam beberapa jurnal psikologi juga dibahas tentang fenomena Fictophilia ini. Profesor Mark Griffiths, dosen psikologi di Nottingham Trent University Inggris, mengatakan ada pula istilah selain Fictophilia yang lebih spesifik, misalnya Toonophilia atau Schediaphilia, yakni daya tarik emosional dan sensual terhadap tokoh animasi. Serta Gameophilia yaitu kecintaan yang besar terhadap karakter fiksi pada video game.

Contoh kasusnya seperti yang dilansir oleh boombastis.com, ada seorang pria bernama Lee Gyu-jin yang menikahi bantal gulingnya dan pernikahannya sudah digelar dengan cukup meriah. Gulingnya sendiri bukanlah guling yang biasa melainkan bergambar sebuah tokoh anime. Mungkin Lee kepincut dengan karakter ini dan akhirnya membuatnya jatuh cinta. Layaknya seorang istri, Lee mengajak pasangannya ini ke mana pun.

Agar hal tersebut tak kamu alami, kamu dapat mengenali 4 tanda jika seseorang terkena Fitcophillia. Yuk simak ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Sering membandingkan.

Kenali 4 tanda Fictophilia sebelum terlambat

Penderita Fictophillia sering membandingkan orang-orang di sekitarnya dengan tokoh fiksi yang ia idolakan. Penderita penyakit ini menganggap bahwa tokoh fiksi yang mereka idolakan adalah sosok yang yang paling sempurna daripada yang lain.

Selain itu mereka selalu membanggakan karakter fiksi idola mereka dan selalu beranggapan bahwa hidup mereka akan sempurna jika tokoh tersebut berada di sampingnya.

2. Menutup diri.

Kenali 4 tanda Fictophilia sebelum terlambat

Penderita Fictophillia akan menutup dirinya dengan kehidupan di sekitarnya sehingga mereka menjadi anti sosial. Penyebabnya karena rasa cinta mereka dengan tokoh fiksi tersebut.

Mereka selalu mulai berimajinasi tentang kehidupan yang sempurna jika idola mereka hidup dan hidup bersama mereka.

3. Meminta pasangan untuk menyerupai tokoh idola mereka.

Kenali 4 tanda Fictophilia sebelum terlambat

Bukan para jomblo saja yang menderita Fictophillia ini. Mereka yang sudah memiliki pasangan juga bisa mengenai penyakit ini. Mereka tidak akan segan segan menyuruh pasangannya agar serupa dengan tokoh fiksi mereka baik dari cara berpakaian, model rambut, gaya bicara dan lainnya. Dan ini merupakan hal yang sudah tidak wajar lagi dan sudah akut.

4. Selalu memikirkannya.

Kenali 4 tanda Fictophilia sebelum terlambat

Seperti yang dilansir dari detik.com, menurut psikolog seksual Zoya Amiri, penderita Fictophillia akan terus memikirkan tentang tokoh fiktif idolanya dan tanpa sadar hal tersebut menjadi sebuah masalah dalam kepribadiannya.

"Mungkin dia pikirnya sekali dua kali nggak apa-apa, tapi lama-lama jari sering. Mereka anggapnya tidak apa-apa, padahal itu sudah mulai terjadi gangguan pada kepribadiannya. Mau bagaimanapun, membandingkan orang nyata dengan tokoh fiktif khayalan itu nggak fair". tutup Zoya.

Boleh saja memiliki idola dari tokoh fiksi namun jangan sampai kamu terlalu berlebihan mengidolakan mereka. Jika kamu atau siapapun di sekitarmu memiliki ke 4 tanda ini, segera beri ia pemahaman dan konsultasi masalah ini ke psikolog atau psikiater agar tidak menjadi masalah yang serius.