Untuk para pecinta selfie, apalagi bagi yang cewek-cewek, banyak diantara kamu yang menyalurkan hobi selfie mu pasti dengan menggunakan kamera depan, jujur aja deh. Pastinya, di bumi Indonesia raya ini, mungkin hanya sebagian kecil pengguna smartphone yang tidak doyan selfie dengan kamera depan, kamu termasuk ndak?

Nah, khusus di jaman smartphone selfie sekarang ini, hampir semua produsen smartphone sudah membekali produksi smartphone terbarunya dengan kamera depan yang memiliki resolusi lumayan tinggi. Ambil contoh, Vivo V7+ atau ponsel Asus ZenFone 4 Selfie Pro yang menjadikan kamu-kamu semua pecinta selfie makin nagih untuk terus memproduksi foto selfie kemudian di share di sosial media IG, ya kan???

Tidak heran, jika sekarang bisa dianggap sebagai era nya foto selfie, saking banyaknya bertebaran foto hasil selfie di timeline sosial media, sebut saja Facebook, IG, WA, dll. Tapi mungkin informasi ini penting buat kamu, kalo ternyata rencana awal dibuatnya kamera depan untuk ponsel bukan untuk selfie guys.

Ceritanya begini, si Ericson, adalah perusahaan yang paling pertama memperkenalkan penggunaan kamera depan di dunia untuk kali pertamanya, dan dipasang di ponsel Ericsson seri Z1010 yang waktu itu kamera depan masih beresolusi 0,3 megapiksel atau istilah jadulnya adalah kamera VGA.

Oleh Ericson, kamera depan ini difungsikan untuk membantu pelaku bisnis dan pemerintah yang ingin teleconfrence dengan karyawan atau mitra kerjanya, yang kalo diluar negeri pegawainya tuh tersebar dimana-mana. Dengan dibuatnya kamera depan di ponsel masa itu, para pebisnis dapat bertatap muka langsung tanpa memerlukan sebuah perangkat yang lain lagi, setidaknya membuat pekerjaan lebih simpel lah.

Tapi, bagi generasi milenial sekarang, kamera depan lebih banyak difungsikan untuk kegiatan selfie, bisa jadi kamu termasuk didalamnya kan! Om Google bahkan sempat merilis data penggunaan kamera depan untuk selfie kala demam selfie mulai menjangkiti manusia di tahun 2014. Total ada 93 juta foto selfie yang diambil dan dishare ke website, dan berbagai sosial media lainnya. Indonesia nomor berapa ya???

Kemudian, selain untuk berselfie ria, kamera depan sekarang ini juga sudah bertransformasi semakin menarik dan canggih. Contoh yang paling gres adalah kamera depan iPhone X yang telah berteknologi TrueDepth untuk fitur Face ID, termasuk animoji. Ada lagi, Vivo V7 yang menawarkan kamera depannya sebagai fitur untuk mengaktifkan Face Access.

Jadi sudah jelas kan kalo kamera depan saat sekarang ini sudah jauh melenceng dari tujuan awalnya. Untuk kamu sendiri, lebih sering pakai kamera depan untuk apa?