Bayam (Spinacia alorace) adalah salah satu sayuran hijau yang paling populer di dunia karena kaya sumber mineral, vitamin, pigmen, dan fitonutrien. Bayam termasuk dalam anggota keluarga Amaranthaceae dikarenakan banyaknya manfaat dari sayuran ini.

Berbagai manfaat kesehatan bayam adalah karena adanya mineral, vitamin, pigmen, dan fitonutrien, termasuk juga kalium, seng, magnesium, zat besi, dan kalsium. Menurut USDA National Nutrient Database, sayuran berdaun hijau ini adalah sumber vitamin seperti volat, niacin, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, dan mengandung sisa vitamin yang penting.

Bayam memiliki banyak peran penting untuk dimakan dalam menjaga kesehatan tubuh, berikut berbagai manfaat bayam yang perlu kamu ketahui.

1. Melawan sel kanker.

Bayam terdiri dari berbagai konstituen yang penting yang telah ditemukan menjanjikan dalam perawatan dan pencegahan berbagai jenis kanker. Konstituen yang berbeda dalam bayam seperti folat, tocopherol (Vitamin Eadalah nama umum untuk dua kelas molekul -tocopheroldan tocotrienol-yang memiliki aktivitasvitamin Edalam nutrisi.Vitamin Ebukan nama untuk setiap satuan bahan kimia spesifik, namun untuk setiap campuran yang terjadi di alam yang menyediakan fungsivitamin Edalam nutrisi) dan klorofilin bertindak melalui mekanisme yang berbeda untuk mengobati dan melindungi pasien yang menderita kanker. Hal ini karena vitamin A dan C, serat, asam folat, serta 13 flavonoid yang terdapat dalam kandungan bayam bermanfaat untuk memerangi sel kanker.

Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan pada bayam tersebut dapat menurunkan risiko terserang kanker sebesar 34%, terutama terserang kanker rahim, kanker payudara, kanker kulit, kanker prostat, dan kanker perut. Bayam ini merupakan sumber vitamin A dan vitamin A tersebut sangat baik dalam menutrisi organ penglihatan mata.

2. Sumber anti-inflamasi.

Bayam mengandung neoxanthin (Karotenoid merupakan salah satu jenis pigmen yang penting bagi kesehatan manusia) dan violaxanthin (dua anti-inflamasi epoxyxanthophylls) yang dapat berperan penting dalam regulasi peradangan.

Bayam mengandung sifat alkalinitas tinggi, sehingga dapat membuat sayur hijau ini menjadi salah satu pilihan yang sempurna bagi penderita inflamasi, seperti rheumatoid arthritis (atauartritis reumatoidadalah peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kaku pada persendian misalnya sendi kaki dan tangan) dan osteoarthritis (adalah suatu kondisi yang menyebabkan sendi-sendi terasa sakit, kaku, dan bengkak).

3. Membuat jantung lebih sehat.

Berbagai nutrisi yang terkandung pada bayam membuat jantung untuk lebih terjaga kesehatannya sepanjang waktu.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi.

Bayam kaya akan kandungan kalium dan rendah sodium. Bayam memiliki tingkat mineral yang seimbang serta bermanfaat bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Komposisi mineral ini sangat bermanfaat bagi pasien tekanan darah tinggi karena potasium menurunkan dan sodium meningkatkan tekanan darah. Folat yang terkandung dalam bayam juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah yang pada akhirnya dapat mempertahankan kelancaran sistem aliran darah.

5. Mencegah diabetes.

Kandungan magnesium yang ditemukan dalam bayam dapat membantu untuk mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Dengan mengonsumsi bayam secara rutin akan membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi yang terlalu banyak.

6. Meningkatkan penglihatan.

Helen M Rasmussen, seorang peneliti di Universitas Cambridge, dalam laporan yang diterbitkan dalam Clinical Interventions in Aging menungkapkan bahwa bayam adalah sumber yang kaya beta-karoten, lutein, dan xanthene, yang sebenarnya bermanfaat untuk penglihatan. Beta-karoten dalam bayam yang matang, membantu meningkatkan kesehatan mata. Juga dapat mencegah kekurangan vitamin A, mata gatal, bisul mata, dan mata kering.

Sifat anti-inflamasi sayuran hijau ini juga dapat mengurangi bengkak atau iritasi di mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam sayuran bayam berfungsi sebagai antioksidan kuat, sehingga mencegah mata dari efek sinar UV yang keras yang dapat menyebabkan katarak.

7. Menyehatkan kulit.

Hal ini karena bayam mengandung vitamin A yang tinggi yang dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan memungkinkan retensi kelembaban yang tepat pada epidermis yang pada akhirnya dapat memerangi psoriasis, jerawat keratinisasi, bahkan keriput.

Fitonutrien dan pigmen yang berbeda telah terbukti melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya, termasuk sinar UV. Ini tidak hanya melindungi tetapi juga memperbaiki gen yang rusak sampai batas tertentu, sehingga mencegah kanker kulit.

8. Meningkatkan organ pencernaan.

Ada alasan mengapa dokter menyarankan menambahkan bayam dengan cara yang signifian untuk dietmu. Jumlah protein yang ditemukan dalam bayam sangat mengesankan untuk sayuran apapun, mudah dipecah oleh enzim menjadi asam amino yang sangat penting bagi manusia.

9. Mengurangi risiko terserang kardiovaskular.

Bayam merupakan sumber folatyang dapat mengurangi homosistein (adalah asam amino alami, yang bila berada dalam kadar yang tinggi dalam darah, dapat meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah (aterosclerosis), asam amino yang ditemukan dalam darah. Tingkat homosisten yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan risiko terkena penyakit jantung.

Bayam juga mengandung inositol (adalah komponen utama membran sel yang berikatan dengan molekul fosfatidilkolin) dan choline (merupakan zat gizi esensial yang sering disebut vitamin B4. Choline merupakan bahan dasar fosfolipid esensial membran sel, termasuk sel otak. Di sini cholineberperan sebagai penyampai sinyal dari luar ke dalam sel. Zat gizi ini dapat meningkatkan actylcholine neurotransmitter yang membantu perkembangan otak), yang dapat bermanfaat untuk mencegah pengerasan pembuluh darah.

10. Menguatkan tulang.

Masih ingat animasi serial Popeye The Sailorman?Ketikakita melihat si Popeye memakan bayam kesukaannya, dia menjadi kuat, melindungi sang pacar yaitu Olif dari serangan musuh bebuyutannya, Brutus. Ternyata itu tidak hanya karangan animasi saja.

Bayam memang merupakan sumber vitamin K yang baik, yang berfungsi dalam mempertahankan kalsium dalam matriks tulang, sehingga mengarah ke mineralsiasi tulang. Selain itu, mineral lain seperti mangan, tembaga, magnesium, seng, dan fosfor juga membantu membangun tulang yang kuat. Jadi makanlah bayam biar kuat seperti Popeye.

Demikianlah manfaat bayam bagi kesehatan, kiranya bermanfaat, tetap jaga kesehatanmu. Salam sehat. Tuhan memberkati.