Bagi sebagian orang berpetualang adalah hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika destinasi wisata yang akan dikunjungi sangat menakjubkan. Tetapi kebanyakan dari para petualang, mereka tidak sadar dengan jalur transportasi yang mereka lewati.

Bahkan jika kita bisa melihat sisi lain dari perjalanan transportasi tersebut, kita akan menemukan sensasi yang menarik selama dalam perjalanan kita menuju lokasi wisata. Seperti 6 jalur tranportasi ini yang dijamin memberi pengalaman yang berbeda dan bisa memacu adrenalin para traveller.

1. Terowongan Guoliang.

6 Jalur transportasi paling ekstrem, sedikit kesalahan bisa fatal

Jalur yang terletak di provinsi Henan, China ini menjadi salah satu jalur paling berbahaya di dunia. Jalur ini dibuat oleh penduduk lokal pada tahun 1970-an. Di sini kita akan melintasi jalanan di pinggir tebing. Jika kita melakukan kesalahan sedikit saja kita akan langsung jatuh ke jurang yang ada di bawah tebing dan mengucapkan selamat tinggal pada dunia.

2. Zoji La Pass.

6 Jalur transportasi paling ekstrem, sedikit kesalahan bisa fatal

Sama seperti terowongan Guoliang, jalur Zoji La Pass sangat mematikan bagi pengendara bermotor. Jalur ini berada dilereng gunung yang memiliki tinggi 3.528 meter di atas permukaan laut dan membentang sepanjang 9 km. Jalur ini menghubungkan wilayah Kashmir dan Landakh. Selain itu di jalur ini tidak memiliki pembatas jalan yang membuatnya semakin mengerikan dan mematikan.


3. Jalur Kereta Chennai-Rameshwaram

6 Jalur transportasi paling ekstrem, sedikit kesalahan bisa fatal

Jalur kereta ini terletak di India yang menghubungkan Chennai ke Rameswaram. Jalur ini dianggap banyak orang berbahaya karena melewati jembatan Pamban Bridge yang dibangun pada tahun 1914. Selain itu, jembatan Pamban Bridge yang sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO ini juga dibuat di atas Samudra Hindia dengan panjang sekitar 6.776 meter. Sehingga kereta yang melewatinya harus berjalan lambat.

Yang membuat nyali kita menciut di jalur ini yaitu kereta harus berjalan berlawanan dengan arah angin. Selain itu, jalur ini juga melewati tempat yang sering ada angin puyuh berbahaya.

4. Jalan Kabul-Jalalabad

6 Jalur transportasi paling ekstrem, sedikit kesalahan bisa fatal

Jalur ini menjadi salah satu jalur paling berbahaya di dunia. Yang membuat jalur ini berbahaya yaitu jalanan naik turun yang penuh kelokan dan berada di pinggir jurang. Tidak hanya itu, jalur ini semakin mematikan karena berada di wilayah kekuasaan Taliban, salah satu organisasi pemberontak yang paling berbahaya di dunia.

Jadi bagi wisatawan yang ingin melintasi jalur ini harus berpikir dua kali karena tidak menutup kemungkinan kita juga bisa bertemu dengan kelompok militan ini dan mendapatkan hujan peluru.

5. Jalan James W Dalton

6 Jalur transportasi paling ekstrem, sedikit kesalahan bisa fatal


Jalan James W Dalton atau sering disebut juga jalan Alaska 11 adalah salah satu jalan yang paling menantang di dunia. Jalan ini membentang sepanjang 666 km. Di sepanjang jalan ini hanya terdapat tiga tempat pengisian bahan bakar.

Yang mengerikan darj jalan ini, tiap pengendara harus berhadapan dengan cuaca dingin yang sangat esktrem, angin yang bertiup kencang, hingga jalanan yang tertutup salju.

6. Jalur Kereta Burma

6 Jalur transportasi paling ekstrem, sedikit kesalahan bisa fatal

Jalur kereta ini terletak di Kanchanaburi, Thailand. Jalur ini dibuat sejak zaman penjajahan Jepang pada perang dunia kedua. Jalur transportasi kereta Burma sering juga disebut sebagai jalur kereta mematikan dijamin akan membuat nyali anda menciut. Saat kereta yang kita tumpangi melentasi jalur ini, kita akan melintas diatas jalur sederhana bahkan hampir rusak yang bisa membuat kita ketakutan. Tidak hanya jalur yang tua, kereta ini akan melewati banyak jurang yang curam yang membuat kita semakin ketakutan.

Nah itulah beberapa jalur transportasi yang memacu adrenalin yang ada di dunia, ada yang berani coba?