Membahas tentang pesawat, tentu pikiran kita akan menuju pada penerbangan murah yang kini membanjiri pasaran. Berbagai upaya efisiensi dilakukan oleh sang maskapai, mulai dari kursi yang lebih sempit, tidak adanya makanan dan minuman gratis selama penerbangan, membayar biaya tambahan untuk bagasi pesawat, bahkan sampai mencetak sendiri tiket pesawat. Semua efisiensi tadi semata - mata dilakukan untuk menekan biaya operasional, sehingga bisa mewujudkan impian setiap orang untuk naik pesawat saat bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya.

Murahnya biaya yang dikeluarkan oleh setiap penumpang dalam pesawat penerbangan murah membuat para maskapai penerbangan harus bisa mengangkut lebih banyak penumpang. Semakin banyak penumpang maka semakin banyak pemasukan dalam setiap penerbangan. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi lebar dan jarak antar kursi sehingga bisa ada lebih banyak kursi yang ditempatkan dalam satu pesawat. Bahkan ada pesawat yang kursinya tidak bisa direbahkan agar jarak antar kursinya bisa semakin efisien.

Tapi, efisiensi kursi pesawat ini belum berakhir, ada inovasi yang lebih baru

Kursi pesawat yang bikin penumpangnya nyaris berdiri

Sudah biasa berdiri di commuter line?mau coba gimana rasanya nyaris berdiri di pesawat?

Desain terbaru kursi pesawat yang bikin penumpangnya nyaris berdiri

Dilansir dari CNN travel, sebuah perusahaan kursi pesawat asal Italia yang bernamaAviointeriors membuat inovasi baru kursi pesawat kelas ekonomi yang diberi julukanSkyRider 2.0. Kursi ini mengadopsi cara orang duduk pada pelana kuda. Penumpang akan duduk dengan tegak di kursi pesawat dan di antara 2 paha mereka terdapat bantalan seperti pelana kuda untuk meletakkan paha sehingga tidak mengalami kelelahan.

Desain terbaru kursi pesawat yang bikin penumpangnya nyaris berdiri

Kursi pesawat ini telah dipamerkandi Aircraft Interiors Expo 2018 di Hamburg, Jerman. Perusahaan yang memproduksi kursi ini mengklaim bahwa dengan menggunakan kursi mereka, jumlah penumpang di dalam pesawat dapat bertambah hingga 20%. Harapannya kursi ini dapat diaplikasikan pada penerbangan jarak pendek sehingga penumpangnya juga tidak mengalami kelelahan. Bagi kita yang sudah biasa berdiri di commuter line setiap hari, tentu duduk nyaris berdiri selama satu jam dengan kursi ini bukanlah sesuatu yang berat dong ya.

Desain terbaru kursi pesawat yang bikin penumpangnya nyaris berdiri

Tapi kursi ini belum akan dilepas dipasaran dalam waktu dekat. Kursi ini perlu melalui berbagai tahap pengujian keselamatan dan keamanan dalam penerbangan agar para penumpangnya tetap aman dan nyaman selama penerbangan. Selain itu, sempitnya ruang kursi ini akan menimbulkan masalah bagi penumpang yang berpostur besar atau memiliki tinggi di atas rata - rata.