Brigadoon adalah nama sebuah desa di Skotlandia yang hanya muncul sekali dalam 100 tahun. Orang-orang yang datang ke Skotlandia biasanya akan bertanya di mana keberadaan desa yang sangat indah dan misterius ini. Desa ini terdapat di sebuah dataran tinggi di Skotlandia yang akan menampakkan diri dalam 100 tahun sekali. Keindahaan desa ini hanya akan bertahan jika tidak ada orang yang pergi dari desa tersebut. Namun jika sebaliknya yang terjadi, desa tersebut akan lenyap selamanya ke dalam kabut.

Kisah desa muncul sekali dalam 100 tahun ini penuh misteri

Menurut masyarakat Skotlandia desa itu telah kena kutukan, di mana desa tersebut tidak boleh terlihat oleh dunia luar kecuali sehari dalam 100 tahun. Hari istimewa yang hanya satu hari ini adalah sebuah perayaan kegembiraan, namun tidak satu pun orang yang bisa keluar dari desa tersebut. Konon ceritanya orang yang masuk ke desa itu akan merasakan seperti di taman surga.

Kisah desa muncul sekali dalam 100 tahun ini penuh misteri

Seperti dilansir dariancientpages.comdalam buku yang ditulis oleh Bob Curran yang berjudul Lost Land, Brigadoon diyakini menghilang pada tahun 1754. Kemudian desa ini muncul kembali setelah seratus tahun. Uniknya umur penduduk desa ini hanya bertambah satu hari saja. Hl ini berarti satu hari di desa Brigadoon sama dengan 100 tahun di dunia nyata. Masyarakat Skotlandia mempercayai keberadaan desa ini karena dulu ada sekelompok pengembala yang mencari makanan ke dataran tinggi dan melihat desa misterius ini.

Sayangnya dilain waktu ketika mereka kembali ke sana mereka tidak lagi melihat keberadaan Brigadoon karena sudah tertutup kabut. Sejak saat itu kemunculan Brigadoon selalu ditunggu oleh masyarakat Skolandia. Bahkan sekelompok arkeolog yang mencoba menemukan keberadaan desa ini tidak pernah ada. Sekalinya mereka menemukan Brigadonn, itu adalah tempat biasa bukan desa yang indah tersebut.