Bisa meraih pendidikan yang tinggi tentu menjadi impian semua orang. Sebab dengan adanya pendidikan itu kita bisa mempunyai wawasan, keahlian, serta keterampilan yang dapat dijadikan sebagai bekal dalam menjalani hidup. Namun tak semua orang beruntung mendapatkan pendidikan yang layak. Faktor-faktor ekonomi seringkali menjadi penghalang.

Pemerintah sebagai pemegang amanat mencerdaskan kehidupan bangsa berkewajiban mengadakan pendidikan bagi seluruh masyarakat. Nah, berikut ini adalah program-program pemerintah yang menjamin adanya pendidikan bagi masyarakat.

1. BOS

BOS merupakan singkatan dari Bantuan Operasional Sekolah. Ini merupakan program bantuan dari Pemerintah ini kepada seluruh sekolah yang terdaftar secara resmi. Bantuan ini digunakan untuk membiayai operasional sebuah sekolah.

2. BSM

Bantuan Siswa Miskin atau BSM ini merupakan bantuan dana dari Pemerintah bagi siswa sekolah yang tidak mampu. Bantuan ini diserahkan secara langsung kepada siswa yang bersangkutan, dan dapat dipergunakan untuk membeli kelengkapan sekolah.

3. KIP

KIP adalah singkatan dari Kartu Indonesia Pintar. KIP merupakan perwujudan dari Program Indonesia Pintar (PIP), di mana melalui program ini Pemerintah menyalurkan sejumlah dana bagi siswa sekolah. KIP juga dapat dipergunakan untuk membeli kelengkapan sekolah.

4. BIDIK MISI

BIDIK MISI merupakan singkatan dari Beasiswa Pendidikan Siswa Miskin. Ini merupakan program beasiswa dari Pemerintah yang diperuntukkan bagi mahasiswa Perguruan Tinggi yang tidak mampu. Dengan adanya program ini diharapkan masyarakat dapat menjangkau pendidikan di Perguruan Tinggi.

5. LPDP

LPDP merupakan singkatan dariLembaga Pengelola Dana Pendidikan. Melalui LPDP ini Pemerintah menyediakan beasiswa bagi lulusan Perguruan Tinggi untuk melanjutkan pendidikannya pada jenjang Magister (S2) dan Doktoral (S3). Keistimewaan LPDP adalah bahwa program ini menyediakan biaya kuliah lengkap dengan biaya hidup selama menempuh jenjang S2 maupun S3, baik di dalam maupun di luar negeri.

Nah, ternyata banyak sekali beasiswa dari Pemerintah, ya. Siapkan dirimu untuk meraih pendidikan setinggi-tingginya lewat program-program tersebut.