×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Dampingi kehamilan istri, ini 5 hal yang perlu dilakukan suami

0

Orangtua

Dampingi kehamilan istri, ini 5 hal yang perlu dilakukan suami

Gambaran 5 aksi siaga ayah mendukung kehamilan bunda dalam proses kehamilan dan persiapan kelahiran buah hati.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Danu Putra A

24 / 04 / 2019 12:55

 

Indahnya menjalani kehidupan keluarga akan lebih dirasa ketika kehadiran sang buah hati. Melihat wajahnya yang mungil dan senyumannya yang manis akan semakin menumbuhkan kasih sayang pada pasangan yang telah berumah tangga. Namun semua itu melewati proses yang panjang dengan penuh pengorbanan, no pain no gain (bersakit-sakit dahulu baru besenang-senang).

Untuk membantu kamu mempersiapkan kehadiran sang buah hati, penulis sajikan fase-fase yang dilalui calon sang ayah. Sebab ayah memiliki peran yang tidak kalah penting untuk membantu bunda pada saat proses kelahiran sang buah hati.

1. Test pack kehamilan.

Test Pack Positif

Loading...

Test Pack Positif (Sumber: curhatbidan.com)

Tes ini adalah langkah awal yang dilakukan untuk mengetahui kehamilan seorang ibu. Ayah dapat membelikan Test Pack di apotek dan mereknya pun beragam. Tes ini sebaiknya dilakukan lebih dari 1 kali, yaitu 2 hingga 3 kali sehingga diketahui dengan pasti hasilnya. Namun perlu diketahui tidak cukup dengan test pack saja. Selanjutnya ayah harus mengantarkan pasangannya melakukan tes medis sehingga hasilnya lebih akurat.

 

2. Melakukan USG.

USG Cek Kehamilan

USG Cek Kehamilanm (Sumber: doktersehat.com)

Setelah mengetahui hasil test pack positif, sebaiknya ayah langsung mengajak bunda melakukan tes medis ke bidan atau dokter. Pilihlah bidan yang sudah berlabel Bidan Delima yang sudah jelas profesionalitasnya, begitu pun jika ke dokter, maka proses pengecekan dengan dokter kandungan.

Kekurangannya jika melakukan pemeriksaan ke bidan ialah tidak semua klinik tempat bidan praktik memiliki alat USG (ultrasonografi). Bidan akan menyarankan melakukan USG di rumah sakit dengan dokter kandungan dan ketika hasil USG positif, maka saatnya memasuki persiapan yang lebih teknis.

 

3. Makan makanan bergizi bagi ibu hamil.

Makanan bergizi untuk Bunda

Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil (Sumber: Nutrisi-Ibu-Hamil-haibunda.com)

Masa-masa kehamilan akan memengaruhi selera makan, padahal sang ibu membutuhkan gizi yang lebih banyak untuk dirinya dan sang buah hati. Di sinilah peran sang ayah untuk mengingatkan bunda.

Ketika melakukan pengecekan kandungan, baik di bidan atau dokter bidan akan memberikan vitamin tambahan berupa asam folat dan penambah darah guna mencukupi kebutuhan sang ibu. Ini karena kebutuhan energi untuk ibu hamil perlu penambahan 300 kalori setiap harinya, terutama pada trisemester kedua dan ketiga. Kalsium juga akan diberikan untuk mencegah osteoporosis pada ibu hamil, kebutuhan kalsium ibu hamil 1000-1200 miligram per hari.

Perlu dipahami vitamin tambahan tidak bisa menggantikan vitamin yang diserap langsung oleh tubuh dari makanan yang dikonsumsi. Maka sebaiknya ibu hamil secar teratur harus banyak mengonsumi buah, sayuran, dan makan bergizi agar siap menghadapi proses kelahiran yang sebaiknya dihadapi dalam kondisi yang sehat.

 

4. Cek kandungan.

Bunda dan Ayah Konsultasi Kandungan

Bunda dan Ayah Konsultasi Kandungan (Sumber : hellosehat.com)

Usaha maksimal terus dilakukan agar bayi di dalam perut selalu dalam keadaan sehat, yang juga penting untuk diperhatikan adalah melakukan cek rutin kesehatan bayi. Dilakukan setiap bulan pada bulan terakhir dilakukan rutin setiap 2 minggu sekali, ayah sebaiknya selalu mendampingi bunda pada saat melakukan pemeriksaan kandungan.

Pemeriksaan ini dimaksudkan untuk melihat posisi bayi dalam kandungan, detak jantugnya, kondisi dan jumlah air ketuban serta hal lainnya yang mempengaruhi tumbuh kembang si kecil dalam kandungan. Ayah dan ibu sebaiknya juga terbuka untuk mengonsultasikan segala hal yang dirasakan selama proses mengandung agar diberikan solusi solusi medis. Seperti bagaimana mengurangi mual, menyikapi kaki membengkak, menanyakan jenis makanan yang sebaiknya untuk dikonsumsi, bahkan pada saat bunda sakit apakah aman atau tidaknya mengonsumsi obat-obatan tertentu.

 

5. Olah raga rutin dengan pasangan.

Bunda olahraga

Bunda Olahraga Kehamilan (Sumber: wanitaindonesia.co.id) 

Kelahiran adalah proses yang membutuhkan stamina ekstra, maka otot otot perut ke bawah harus dilatih agar tidak kaku dan tejadi keram pada otot. Salah satu olah raga ringan dan wajib ibu hamil ialah jalan pagi. Sangat baik untuk melenturkan otot-otot di bawah perut agar tidak kaku. Olah raga lainnya ialah senam bola, yaitu senam yang dilakukan menggunakan bola senam besar. Gerakan-gerakan senam bola dapat dilihat di youtube dengan keyword senam bola untuk ibu hamil. Selain itu renang juga sangat baik untuk melenturkan otot-otot yang kaku.

Seperti dilansir pada situs hellosehat, pada saat melahirkan perut akan terasa kencang, kontraksi menyebabkan otot rahim melebar dan dorongan bayi mengakibatkan panggul terasa berat. Ibu akan merasakan lelah yang sangat pada bagian kaki, lengan, punggung dan hingga terasa pada seluruh tubuh.

Ayah sebaiknya mendampingi bunda saat berolahraga. Dengan melakukan olah raga secara teratur akan mempermudah bayi melewati jalur lahirnya dan bayi siap hadir di dunia dengan proses yang normal dan sang ibu akan semakin cepat pulih paska melahirkan.

Demikian 5 aksi ayah hebat untuk membantu bunda dalam proses mempersiapkan kelahiran sang buah hati. Bunda dan ayah hebat yang mempersiapkan kehadiran buah hati akan menghasilkan buah hati yang hebat. Salam ayah siaga.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red