×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Daftar 10 negara yang mempunyai dua atau lebih ibu kota

0

Global

Daftar 10 negara yang mempunyai dua atau lebih ibu kota

Negara-negara tersebut memiliki sejarah dan alasan tertentu untuk membentuk ibu kotanya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Niar Nasir

13 / 10 / 2020 13:15

Sebagian besar negara di dunia memiliki satu ibu kota. Namun ada beberapa negara yang memiliki dua atau lebih ibu kota. Negara-negara tersebut memiliki sejarah dan alasan tertentu untuk membentuknya. Dilansir dari Indiantimes, terdapat sepuluh negara yang memiliki lebih dari satu ibu kota. Berikut daftarnya.

1. Sri Lanka.

Negara Sri Lanka memiliki dua ibu kota. Kolombo sebagai ibu kota komersial, sedangkan Sri Jayawardenepura Kotte adalah ibu kota legislatif.

2. Afrika Selatan.

Afrika Selatan memiki tiga ibu kota. Yang pertama adalah Kota Cape. Kota ini merupakan kota legislatif. Kota kedua yaitu Kota Bloemfontein yang merupakan kota untuk kantor pengadilan. Kemudian Kota Pretoria sebagai kota administrasi.

Loading...

3. Malaysia.

Malaysia memiliki dua ibu kota. Kuala Lumpur sebagai ibu kota nasional. Sedangkan Putrajaya sebagai menjadi tuan rumah pemerintah federal.

4. Belanda.

Ibu kota Belanda yaitu Amsterdam and The Hague. Amsterdam sebagai ibu kota pusat. Sedangkan The Hague merupakan kota yang diduduki oleh pemerintahan dan kediaman monarki.

5. Montenegro.

Podgorica and Cetinje merupakan Ibu kota Montenegro. Podgoricais sebagai ibu kota resmi. Padahal Kota Cetinje merupakan ibu kota kehormatan untuk menghormati masa lalu negara. Itu adalah bekas ibu kota negara dan masih beroperasi sebagai pusat budaya yang penting.

6. Bolivia.

Di negara Bolivia, Kota La Paz and Sucre merupakan ibu kota negara. Ibu kota administrasi Bolivia adalah La Paz. Sementara ibu kota legislatif dan judisial adalah Sucre.

7. Swaziland (Kerajaan Eswatini).

Mbabane and Lobamba merupakan ibu kota negara Swaziland. Mbabane sebagai ibu kota administrasi dan Lobamba sebagai ibu kota modern dan legislatif.

8. Cili.

Negara Cili memiliki ibu kota Santiago and Valparaiso. Ibu kota resmi Cili yaitu Santiago. Kota ini dijuluki sebagai kota terbesar di Cili. Badan legislatif nasional dipindahkan ke Valparaiso pada tahun 1990.

9. Benin.

Porto-Novo and Cotonou terdapat di Benin. Ibu kota resmi negara Benin yaitu Kota Porto-Novo. Lalu ibu kota yudisial terketak di Kota Cotonou.

10. Georgia.

Ibu kota negara Georgia terketak di Tbilisi dan Kutaisi. Tbilisi adalah ibu kota resmi, sedangkan Kutaisi adalah ibu kota legislatif.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red