×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Cyclops, makhluk mitologi yang namanya digunakan untuk 5 hal ini

0

N/A

Cyclops, makhluk mitologi yang namanya digunakan untuk 5 hal ini

Nama Cyclops telah dipakai untuk beberapa benda, tokoh, dan hewan yang mungkin saja belum diketahui oleh banyak orang.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

DharmaOne 11

16 / 09 / 2019 19:05

Cyclops atau disebut Cyclopes yang berarti 'mata bulat' dalam bahasa Yunani merupakan makhluk mitologi yang berwujud raksasa bermata satu. Cyclops merupakan anak dari Uranus dan Gea atau Ge (Dewi Pelindung Bumi). Nama Cyclops sendiri telah dipakai untuk beberapa benda, tokoh, dan hewan yang mungkin saja belum diketahui oleh orang banyak. Berikut adalah benda, tokoh, dan hewan dengan nama Cyclops.

1. Cyclops (Mobile Legend).

Game bergenre MOBA yang satu ini sudah banyak diunduh dan dimainkan oleh masyarakat Indonesia, baik yang memiliki smartphone dengan platform Android maupun iOS. Cyclops dalam Mobile Legend diceritakan memiliki satu mata seperti Cyclops pada mitologi Yunani yang mengumpulkan kekuatan magis dari pergerakan planet-planet dan bintang-bintang. Cyclops merupakan hero dengan role (posisi) sebagai Mage yang cukup mematikan, terutama jika dipakai oleh pemain yang piawai dan dilengkapi dengan build yang baik.

2. Cyclops (X-Men/Marvel Comics).

Cyclops dalam komik terbitan Marvel merupakan seorang mutan anggota X-Men yang memiliki nama asli Scott Summer. Karakter ini diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby. Cyclops sebagai seorang mutan memiliki kemampuan menghasilkan radiasi optik yang bersifat menghancurkan dari kedua matanya. Kekuatannya dalam menembakkan radiasi optik ini pertama muncul saat dia dan kakaknya yang juga seorang mutan bernama Havok mengalami kecelakaan pesawat. Kecelakaan tersebut membuat Cyclops mengalami cedera di kepala dan sulit untuk mengendalikan kekuatannya sehingga ia akhirnya memakai sebuah alat berupa visor dari batuan ruby untuk bisa mengumpulkan radiasi optik agar lebih terkendali. Cyclops dikenal sebagai pemimpin para mutan dan banyak melakukan pertualangan bersama anggota X-Men lainnya seperti Wolverine, Beast, dan Jean Grey yang kemudian menjadi istrinya.

Loading...

3. Cyclops sp. (Kutu Air/Water Flea).

Cyclops dalam dunia zoologi merupakan hewan dari golongan udang-udangan atau Crustacea yang banyak hidup di perairan. Cyclops merupakan genus yang memiliki setidaknya 13.000 spesies. Cyclops di perairan memegang peranan penting dalam rantai makanan karena merupakan penyedia makanan, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk sebagian besar spesies ikan. Beberapa spesies dari Cyclops merupakan parasit bagi manusia karena dapat memindahkan cacing bernama guinea worm yang menyebabkan guinea worm disease pada manusia. Cyclops merupakan hewan yang berkembang biak dengan partenogenesis, yaitu perkembangbiakan yang menghasilkan anakan dari telur yang tidak dibuahi oleh individu jantan.

4. USS Cyclops-AC4 (Kapal Angkatan Laut Amerika Serikat).

USS Cyclops merupakan kapal angkatan laut Amerika Serikat yang namanya terinspirasi dari raksasa dalam mitologi Yunani. Kapal Cyclops dinyatakan hilang beserta 309 awak kapalnya di tempat yang dikenal dengan segitiga bermuda saat berlayar dari laut Karibia menuju Baltimore tahun 1918 (101 tahun lalu). Kapal USS Cyclops merupakan kapal besar yang biasa digunakan untuk mengangkut batu bara dan mampu mengangkut kurang lebih dua ton batu bara sebagai bahan bakar. Hingga kini, hilangnya kapal USS Cyclops masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

5. Pegunungan Cyclops.

Pegunungan Cyclops atau Pegunungan Dobonsolo merupakan pegunungan yang terletak di sebelah barat Jayapura dan di sebelah utara Danau Sentani. Pegunungan ini memiliki panjang kurang lebih 36 km dan memiliki puncak seperti Gunung Robhong, Gunung Adumama, Gunung Helofoi, Gunung Rafeni dan Gunung Dafonsoro yang menginspirasi nama dari salah satu klub sepak bola Indonesia asal Papua, Persidafon.

Sebagai pegunungan yang indah di tanah Papua, Pegunungan Cyclops menyimpan banyak tumbuhan, hewan, dan kekayaan alam lainnya yang eksotis. Tercatat lebih dari 600 spesies satwa langka bernaung di pegunungan ini. Mengingat banyaknya kekayaan yang eksotis di pegunungan ini, pemerintah pada tahun 1987 menjadikan kawasan Pegunungan Cyclops sebagai cagar aam agar dapat melindungi spesies langka di dalamnya. 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red