×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Cegah jerawat, 14 makanan ini sebaiknya kamu hindari

0

Kesehatan

Cegah jerawat, 14 makanan ini sebaiknya kamu hindari

Aneka makanan ini berisiko menyebabkan masalah jerawat di kulit wajah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istiana Nur Utami

28 / 10 / 2021 17:15

Memiliki kulit wajah yang bersih dan terbebas dari masalah jerawat tentu menjadi dambaan bagi semua orang untuk menunjang penampilan di depan umum, bukan? Ya, hal inilah yang akhirnya membuat mereka melakukan berbagai perawatan kecantikan yang dimulai dari penggunaan skincare tertentu untuk merawat kesehatan kulit wajah.

Akan tetapi, bagaimana jika masalah jerawat tiba-tiba muncul meskipun kamu telah melakukan serangkaian perawatan kecantikan dengan biaya yang tak sedikit? Nah, kondisi inilah yang membuat kamu perlu tahu dan paham mengenai faktor penyebab munculnya jerawat tersebut. Biasanya, penyebab jerawat ini muncul karena adanya faktor makanan yang sering tidak disadari orang-orang sering mengonsumsinya. 

Lantas, tahukah kamu apa saja daftar makanan yang bisa menimbulkan masalah jerawat di kulit wajah? Jika kamu penasaran, bisa menyimak informasi lengkapnya di bawah ini.

Sekilas tentang masalah jerawat.

Umumnya, jerawat merupakan suatu permasalahan yang sering kali dialami seseorang lantaran munculnya benjolan merah meradang dan bersisik di area permukaan kulit. Kondisi jerawat pada kulit ini dapat dikategorikan dalam tiga tingkat keparahan, yakni mulai dari ringan, sedang, dan parah. Untuk jerawat ringan biasanya timbul masalah bintik kecil dan benjolan merah di kulit.

Loading...

Sementara untuk jerawat dalam tingkat yang sedang dan parah biasanya akan muncul benjolan merah meradang disertai nanah dan umumnya terasa sakit di area sekitar munculnya jerawat. Nah, kondisi jerawat ini juga sering kali terjadi pada usia remaja saat keadaan hormon terbilang sangat aktif hingga mengakibatkan banyaknya minyak pada wajah. 

Apa saja gejala-gejala munculnya jerawat?

Biasanya, kulit akan mengalami beberapa gejala-gejala yang umum terjadi seperti berikut ini:

1.  Munculnya benjolan berwarna kemerahan atau kuning (biasanya di dalamnya terdapat nanah).

2.  Munculnya bintik-bintik kecil di area kulit.

3.  Timbul sensasi pansa atau kulit terbakar di area munculnya jerawat.

4.  Muncul sensasi gatal pada kulit.

Mengenal faktor-faktor umum penyebab jerawat.

Jerawat yang umumnya dialami oleh seseorang biasaya terjadi karena berbagai faktor. Sebelum membahas mengenai faktpr makanan penyebab jerawat, ada baiknya kamu menyimak beberapa faktor-faktor umum penyebab jerawat seperti berikut ini.

1.  Kondisi kulit wajah yang memproduksi sebum berlebih.

2.  Terjadinya penyumbatan pori-pori di kulit.

3.  Adanya bakteri dan infeksi yang mengakibatkan peradangan.

4.  Adanya faktor genetik atau keturunan yang memang ada gangguan permasalah jerawat.

5.  Penggunaan kosmetik maupun skincare yang salah karena kondisi kulit wajah yang sensitif.

6.  Kondisi stres yang terjadi karena berbagai masalah tertentu.

7.  Faktor hormon androgen yang berlebih, terutama saat seseorang mengalami masa menstruasi bulanan.

8.  Mengonsumsi obat tertentu yang bisa mengakibatkan timbulnya masalah jerawat.

Tahukah kamu apa saja makanan penyebab jerawat?

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya masalah jerawat pada kulit wajah yang bisa kamu lakukan yakni dengan menghindari berbagai jenis makanan penyebab jerawat. Nah, beberapa makanan yang harus kamu hindar agar tidak mengalami permasalahan jerawat di antaranya yakni sebagai berikut.

1. Keripik kentang.

Siapa sih yang tak menyukai makanan ringan bernama keripik kentang yang satu ini. Meskipun rasanya gurih dan enak, siapa sangka jika makanan ini justru dapat memicu tumbuhnya jerawat. Sebab, adanya indeks glikemik yang tinggi ternyata mampu meningkatkan insulin dan glukosa dalam tubuh. Tak hanya keripik kentang saja, kentang goreng dan roti juga mengandung indeks glikemik yang sama dengan keripik kentang.

2. Kacang-kacangan.

Pada umumnya, kacang-kacangan memang diklaim menjadi salah satu makanan penyebab timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan mampu merangsang minyak berlebih sehingga akhirnya membuat kulit mengalami masalah jerawat. Bahkan, kacang-kacangan juga diklaim dapat membuat produksi sebum meningkat sehingga bakteri pada kulit bisa berkembang menjadi jerawat. Oleh karena itu, bagi kamu yang tidak ingin mengalami masalah jerawat sebaiknya menghidari mengonsumsi kacang-kacangan.

3. Daging.

Kandungan lemak di dalam daging juga ternyata mampu meningkatkan risiko munculnya jerawat. Tak hanya itu, daging juga umumnya dapat meningkatkan aksi androgen dan insuli yang menjadi pemicu munculnya jerawat. Oleh karan itu, ada baiknya kamu untuk mengurangi asupan daging dengan memperbanyak asupan buah-buahan dan sayuran yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Sehingga, risiko terkena gangguan jerawat bisa diminimalisir lebih mudah.

4. Roti putih.

Sebagai menu sarapan pagi pengganti nasi, roti putih ini umumnya memiliki kadar kandungan karbohidrat olahan yang ternyata berisiko dalam mempercepat proses penuaan kulit dan mendatangkan jerawat lebih parah. Adapun beberapa jenis karohidrat olahan yang sebaiknya kamu hindari yakni oatmeal, pasta, sereal dan lain-lain. Meski demikian, kamu bisa mengganti roti putih ini dengan roti jenis gandum utuh untuk membantu dalam membersihkan kulit.

5. Keju.

Rata-rata hampir sebagian besar makanan produk olahan susu seperti keju menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Meskipun orang-orang banyak menyukai keju sebagai makanan pelengkap yang enak dan lezat, namun dalam penggunaannya perlu diminimalisir. Hal ini lantaran keju dapat memicu kelenjar minyak yang memproduksi minyak lebih banyak dan berisiko menimbulkan masalah jerawat. 

6. Mayonaise.

Mayonaise kebanyakan dibuat dengan minyak kedelai yang bersifat inflamasi. Nah, mayonaise ini siapa sangka juga menjadi salah satu makanan penyebab jerawat pada kulit. Sebab, kandungan isoflavon dalam kedelai ini mampu bertindak seperti estrogen dalam tubuh yang memicu munculnya jerawat. Kondisi inilah yang umumnya membuat hormon tidak seimbang hingga menyebabkan masalah jerawat.

7. Ayam.

Tak disangka, ayam yang merupakan menu lauk pauk hewani sehari-hari juga bisa menjadi pemicu jerawat. Maka dari itu, bagi kamu yang tidak ingin mengalami masalah jerawat sebaiknya menurangi konsumsi ayam dalam kehidupan sehari-hari agar mendapatkan kulit wajah yang bersih dan mulus. Sehingga, jerawat tidak akan muncul dan penampilan kamu akan tetap terjaga.

8. Whey Protein.

Penting untuk kamu ketahui bahwa whey protein umumnya menjadi produk makanan pemicu jerawat. Jenis protein ini umumnya banyak digunakan dalam makanan dan suplemen olahraga. Di dalam protein ini biasanya terkandung sumber yang kaya akan asam leusin dan glutamin. Biasanya, orang yang mengonsumsi makanan dengan kandungan whey protein ini akan merangsang sel-sel kulit dan menyebabkan munculnya jerawat.

9. Makanan kaleng.

Makanan yang perlu kamu hindari selanjutnya yakni makanan dalam kemasan kaleng. Hal ini lantaran makanan kaleng umumnya mengandung bahan tambahan seperti pemanis, minyak, pengawet dan bumbu tertentu. Sehingga, tak mengherankan jika jenis makanan kaleng ini umumnya sering menjadi faktor penyebab jerawat semakin buruk. Oleh karena itu, ada baiknya kamu untuk meminimalisir mengonsumsi makanan jenis kaleng yang satu ini.

10.  Cokelat.

Makanan penyebab jerawat selanjutnya yang umumnya disukai oleh semua orang yakni cokelat. Ya, terbukti sudah sejak zaman dulu bahwa cokelat yang memberikan cita rasa manis ini mengandung banyak gula yang bisa memicu munculnya masalah jerawat pada kulit. Jika kamu mengonsumsi cokelat secara berlebihan, maka hal ini akan meningkatkan hormon dalam tubuh dan akhirnya timbulah jerawat.

11. Aneka makanan fast food.

Bagi kamu yang mungkin menjadi penggemar makanan fast food, ada baiknya untuk menghindari makanan ini agar masalah jerawat tidak semakin parah. Adapun jenis makanan fast food ini di antaranya yakni burger, kentang goreng, soda, milkshake, hot dog dan lain sebagainya. Mengonsumsi makanan jenis fast food ini bukannya tidak boleh, hanya saja kamu bisa mengontrol pola makanan yang sehat agar masalah jerawat tidak semakin parah.

12. Gula.

Pemicu jerawat selanjutnya yakni produk gula yang biasanya menjadi campuran ke dalam berbagai makanan seperti kue, minuman manis, permen dan berbagai produk olahan makanan lainnya. Umumnya, orang yang kelebihan mengonsumsi makanan manis ini akan meningkatkan tingkat insulin dan bisa menyebabkan peradangan pada jerawat. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengurangi produk olahan makanan manis agar jerawat tidak semakin parah.

13. Susu.

Rata-rata hampir sebagian besar orang menyukai minuman yang baik untuk pembentukan tulang satu ini. Namun, siapa sangkan jika produk susu ini rupanya dapat menjadi pemicu jerawat. Bahkan, tak jarang orang yang mengonsumi produk susu ini akan timbul masalah kulit lainnya seperti kulit berminyak, jerawat dan lain-lain. Untuk itu, sebaiknya kamu menghindari terlebih dahulu produk susu ini agar jerawat tidak terjadi di area kulit wajah.

14. Minuman mengandung alkohol.

Tahukah kamu, bahwa mengonsumsi minuman dengan kandungan alkohol seperti cocktail alkohol ternyata juga menjadi pemicu masalah jerawat. Hal ini lantaran minuman kandungan alkohol ini memiliki kadar kandungan gula yang cukup tinggi bagi tubuh. Akibat dari mengonsumsi minuman ini, kamu akan lebih mudah mengalami penyumbatan pori-pori hingga mengakibatkan masalah jerawat.

Jadi, itulah aneka jenis makanan penyebab masalah jerawat yang perlu kamu hindari agar gangguan permasalahan pada kulit ini tidak mengganggu penampilan di depan umum. Sebagai gantinya, ada baiknya kamu untuk lebih memperbanyak asupan sayur-sayuran dan buah-buahan agar kulit tetap sehat dan terawat.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red