Bully adalah tindakan yang begitu menakutkan dan memuakkan betapa tidak, korban bully akan menjadi bulan-bulanan orang lain, dilecehkan, dicerca bahkan dikucilkan hingga sampai pada tindak kekerasan.

Tidak jarang korban bully menjadi pesimis menjadi rendah diri juga putus asa, beberapa korban bully ada yang mengakhiri hidupnya. Di Indonesia bahkan mencapai 40% kasus bunuh diri karena bullying.

Namun ada beberapa orang yang tetap survive dan menentang bully tidak dengan cara negatif.Mereka menunjukkan kebesaran hati dan tekad untuk melawan bully dengan cara yang berbeda. Siapakah mereka?

1. Lizzie Velasquez

Dibully habis-habisan, 4 orang ini malah menginspirasi dunia

Gadis penderita sindrom ini dijuluki perempuan terjelek didunia, julukan yang tanpa sengaja dia lihat disebuah unggahan youtube. Video yang berdurasi delapan detik dan ditonton sebanyak 4 juta kali.

Lizzie mengidap sindrom Marfan dan lipodystrophy. Kedua sindrom itu mengakibatkan dia tidak bisa menaikkan bobot tubuh, seberapapun makanan yang dia asup. Karena badannya tidak mampu menyerap gizi, tulangnya mudah patah dan sulit pulih bila terkena infeksi.

Karena dorongan orang tuanya juga, Lizzie mampu berpikir positif meskipun dia dirundung dan dilecehkan. Kekuatan itulah yang mampu membuat Lizzie mampu tersenyum, berbuat baik kepada sesama, serta memaafkan mereka yang menghujatnya.

Bertolak dari sikap positif itu, Lizzie memutuskan untuk membuat perubahan. Dia menciptakan saluran Youtube dan membuat khalayak tahu siapa dia sebenarnya sekaligus menyemangati orang lain untuk lebih percaya diri bagaimanapun penampilan mereka. Kini, saluran Youtube Lizzie dilanggan 240.000 orang.

Kisah hidup Lizzie tersebut dirangkum dalam film dokumenter berjudulA Brave Heart: The Lizzie Velasquez Story. Sara Hirsch Bordo, sutradara film tersebut, mengatakan film itu sejatinya ditujukan bagi semua orang yang pernah dan sedang dirundung.

2. Kheris Roger

Dibully habis-habisan, 4 orang ini malah menginspirasi dunia

Kheris Roger diintimidasi karena mempunyai kulit yang sangat gelap ,lebih gelap dari rata rata orang kulit hitam pada umumnya.

Semua berawal ketika saudaranya, Taylor Pollard (22) ingin membuatnya merasa lebih baik dengan mengunggah gambar Kheris di Twitter.Dalam unggahannya tersebut, Pollard menuliskan keterangan yang berbunyi, "Adikku baru berusia 10 tahun, tapi sudah menjadi royalti#FlexinlnHerComplexion."

Dan unggahan tersebut menjadi perbincangan hingga viral di medsos. Akhirnya tidak hanya membuat Kheris merasa lebih baik, tapi juga membuatnya terdorong untuk menciptakan lini pakaiannya sendiri bernamaFlexinIn My Complexion.

3.Shelley-Marie Sumner

Dibully habis-habisan, 4 orang ini malah menginspirasi dunia

Dibully habis-habisan, 4 orang ini malah menginspirasi dunia

Shelley menjadi bahan bullian teman sekelasnya karena penyakit eksim yang dideritanya. Cemoohan itu sempat membuatnya kehilangan kepercayaan diri. Meski penyakit itu sudah sepenuhnya sembuh, Shelley-Marie tetap merasa tidak percaya diri dengan penampilannya.

Sang pacar berusaha meyakinkannya bahwa dia adalah gadis yang cantik, Shelley-Marie akhirnya merasa cukup percaya diri untuk mengikuti kontes kecantikan Miss Black Country 2014. Akhirnya dia berhasil keluar sebagai pemenang kontes tersebut.

4. Ashley Soto

Dibully habis-habisan, 4 orang ini malah menginspirasi dunia

Dibully habis-habisan, 4 orang ini malah menginspirasi dunia

Ashley Soto gadis berusia 21 tahun ini berasal dari Orlando, Florida, Amerika Serikat. Ia kerap kali di-bullykarena menderitavitiligosejak usia 12 tahun. Penyakit aneh dan langka inimembuat pigmen kulitnya hilang dalam bentuk yang tak rata. Selama bertahun-tahun itu juga ia berusaha untuk menyembuhkan kulitnya agar tak menarik perhatian orang lain.

Ashley yang awalnya tertekan karena penyakitnya, memutuskan untuk mencintai dirinya secara apa adanya,ia selalu memakai kaos lengan panjang dan celana panjang agar kulitnya tak terlihat. Kini, ia mengaku lebih bahagia karena bisa menerima kondisinya. "Aku tak pernah menyadari betapa cantiknya vitiligo ini sampai aku menelusuri (kulitku) dengan spidol hitam, ini (vitiligo) benar-benar membantu memunculkan warna kulitku yang berbeda," ujarnya.

Nah jika anda merasa berbeda dari orang lain, kemudian orang lain itu menganggap aneh dan mulai menggunjing abaikan saja. Bisa jadi kekurangan pada dirimu adalah anugerah yang akan mensukseskan kehidupanmu kelak.

PERTAMA, MEREKA MENGABAIKAN ANDA. KEMUDIAN, MEREKA TERTAWA PADA ANDA. BERIKUTNYA, MEREKA MELAWAN ANDA. LALU, ANDA MENANG(Mahatma Gandhi)