Layaknya seorang pelukis, seekor babi yang bernama Pigcasso dapat membuat lukisan abstrack yang begitu indah. Babi seberat 204 kg ini awalnya diselamatkan dari rumah jagal di sebuah kawasan di Afrika Selatan saat babi tersebut berusia empat minggu oleh seorang pelukis sekaligus aktivis binatang bernama Joanne Lefson.

Pigcasso, babi nyeni yang bisa menghasilkan lukisan indah

Dikutip dari odditycentral.com, Joanne kemudian mengadopsi Pigcasso dan merawatnya sebagai hewan peliharaan. Dia pun kerap membawa hewan tersebut bermain ke ladangnya dan memberinya berbagai mainan untuk menghiburnya. Di antara banyaknya permainan yang diberikan, Pigcasso paling tertarik terhadap kuas dan cat.

Pigcasso, babi nyeni yang bisa menghasilkan lukisan indah

Kemudian Joanne memberikan sebuah kuas dan beberapa cat dengan warna yang beragam serta sebuah kanvas. Dan hasilnya mengejutkan, setelah rutin diberi mainan kuas, cat dan kanvas, bakat Pigcasso sebagai pelukis pun mulai terlihat. Bahkan hasil lukisan Pigcasso membuat banyak orang tertarik untuk membeli lukisannya.

Berkat bakatnya tersebut kini ia telah memilki sebuah galeri seni pribadi yang bertempat di peternakan penyelamatan hewan yang sekaligus rumahnya. Bahkan ada salah satu karya seninya yang dibanderol $ 2.000 atau setara dengan Rp 28.9 juta.

Pigcasso, babi nyeni yang bisa menghasilkan lukisan indah

"Saya tidak memaksanya untuk melukis, dia melukis kapan pun dia mau. Kami sering membawa keranjang piknik yang penuh dengan kuas dan berbagai alat lukis." Ungkap Joanne saat diwawancarai.

Saat ini, Pigcasso merupakan satu-satunya babi pelukis yang ada di dunia. Dengan adanya Pigmen, Joanne berharap bahwa hal ini dapat membuka mata masyarakat babi tak hanya sekedar hewan ternak, karena nyatanya babi juga dapat berprestasi di bidang kesenian. Dia juga berharap bahwa nantinya akan ada galeri seni terbaik di New York atau Paris yang memamerkan seni dari Pigcasso.