Tidak ada yang pernah tahu nasib orang ke depan. Jika baru-baru ini kamu mencoba sesuatu, lalu mendapat beberapa kritikan atau hinaan kecil, jangan pernah biarkan hal tersebut membuat kamu kapok untuk mencoba lagi.

Lantaran, sebagian besar orang sukses di dunia ini pasti pernah mengalami kegagalan pada awalnya. Mulailah untuk menegakkan kepala, membayangkan kamu juga akan sukses di kemudian hari sambil menyimak cerita 5 sosok yang kini malah jadi panutan dan menginspirasi hidup banyak orang.

1. Bill Gates

Berulang kali  gagal, 5 sosok ini malah menginspirasi banyak orang

Siapa sangka jika sosok penting di balik nama besar Microsoft ini pernah beberapa kali mengalami kegagalan? Dari mulai drop out dari kampusnya di Harvard hingga harus menutup bisnis pertamanya. Di awal tahun 1970-an, Gates bersama kawannya Paul Allen, mendirikan Traf-O-Data. Perusahaan tersebut melayani analisa data untuk dilaporkan pada para insinyur lalu lintas.

Sayangnya, antara tahun 1974-1980, perusahaan itu mengalami kerugian sebesar 3.494 dolar, hingga akhirnya harus ditutup. Bill Gates muda tak menyerah. Dengan tekadnya yang kuat, Gates pun akhirnya sukses mendirikan Microsoft hingga mengantarnya sebagai orang terkaya nomor 1 dunia sejak tahun 1995 hingga 2009, kecuali tahun 2008 di mana peringkatnya turun menjadi orang terkaya nomor 3 dunia.

2. Thomas Alva Edison

Berulang kali  gagal, 5 sosok ini malah menginspirasi banyak orang

Siapa sangka seorang Alva Edison yang hasil temuannya dinobatkan telah mengubah dunia pernah dihina guru sekolahnya, bahwa ia terlalu bodoh untuk belajar apa pun. Meski telah melalui hingga 1000 kali percobaan yang gagal, Edison akhirnya berhasil membuktikan jika pernyataan sang guru salah, karena ia mampu menemukan bola lampu dan listrik sebagai penerangan, gambar bergerak dan mesin pemutar rekaman. Sebagai informasi, lebih dari 1.300-an penemuan lainnya, yang telah ia daftarkan untuk mendapat hak paten. Salah satu kutipan Edison yang terkenal adalah I have not failed, Ive just found 10.000 ways that wont work.

3. Wright Bersaudara

Berulang kali  gagal, 5 sosok ini malah menginspirasi banyak orang

Kedua kakak beradik, Orville dan Wilbur Wright ini memang dikenal sebagai sosok yang gigih. Meski, tidak memiliki ijazah sekolah menengah, dan harus mengalami putus sekolah, Wright bersaudara mulai mempelajari masalah penerbangan tahun 1889 yang menjadi cikal bakal industri pesawat terbang dunia.

Berawal dari mengelola sebuah toko penjualan dan reparasi sepeda motor, bernama Wright Cycle Company, di Dayton, Ohio, mereka mulai melakukan eksperimen 3 pesawat terbang layang bersayap kembar. Ketiga pesawat itu diujicoba sebanyak 1000 kali penerbangan di pantai Kitty Hawk, North Carolina, hingga berakhir sukses. Setelah itu, mereka membuat mesin motor ringan, yang dipasang di pesawat yang keempat, dinamakan Wright Flyer.

4. Jack Ma

Berulang kali  gagal, 5 sosok ini malah menginspirasi banyak orang

Sosok yang satu ini pastinya sudah tak asing lagi bagi para penggiat start up. Kisahnya pun banyak diliput media dan menginspirasi banyak orang. Sebelum dikenal sukses sebagai pendiri Alibaba Group, Jack Ma terlahir sebagai seorang anak miskin di lingkungan komunis China. Ia juga mengaku, bahwa kecerdasan di sekolahnya biasa-biasa saja, bahkan nilai matematikanya pun tidak bagus. Di masa mudanya, ia pernah dua kali ditolak saat ujian masuk di perguruan tinggi, hingga mengalami penolakan hingga puluhan kali ketika melamar pekerjaan, salah satunya di KFC. Kini, siapa sangka jika mantan guru bahasa Inggris itu telah memiliki kekayaan Rp376 triliun lewat grup usahanya, Alibaba.

5. James Dyson

Berulang kali  gagal, 5 sosok ini malah menginspirasi banyak orang

Saat gagal, berapa kali kamu mencoba bangkit? Jika masih dalam hitungan jari kamu sudah banyak mengeluh, mungkin kamu harus kenalan dengan sosok satu ini. James Dyson, seorang penemu pembersih vakum (vacuum cleaner), telah melalui 5.126 percobaan prototipe, dan menghabiskan sebagian besar tabungan selama hidupnya, hingga pada akhirnya ia mendapatkan desain yang tepat! Sekarang ia dinobatkan sebagai pria dengan perkiraan kekayaan 4,5 miliar dolar berdasarkan majalah Forbes. Memang benar adanya, jika ada sebuah pepatah klasik mengatakan, di mana ada kemauan, maka di situ ada jalan.

Nah, siapa lagi tokoh inventor yang kira-kira menginspirasi versi kamu?