×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Berinteraksi dengan gajah di Pusat Latihan Gajah Seblat

0

Jalan-Jalan

Berinteraksi dengan gajah di Pusat Latihan Gajah Seblat

Ada beberapa wisata yang dapat dinikmati jika berkunjung ke PLG Seblat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

satyo indarlaksono

30 / 07 / 2020 16:10

Siapa yang tak kenal dengan gajah. Hewan satu ini merupakan mamalia terbesar di daratan. Mamalia ini memiliki ciri khas yaitu belalai yang panjang dan memiliki gading untuk gajah jantan.

Namun di balik keistimewaan gajah, banyak oknum yang memanfaatkan dan memburu bahkan membunuh gajah untuk diambil gadingnya yang mahal guna diperjualbelikan. Pemerintah sendiri berupaya melestarikan gajah dan menyelamatkannya dari pemburuan dengan membangun beberapa tempat penampungan gajah. Di tempat ini beberapa gajah dilatih dan gajah liar dipantau agar terhindar dari konflik dengan masyarakat dan pemburuan liar.

Di Sumatra ada beberapa tempat pelatihan gajah seperti di Lampung, Aceh, Riau, dan salah satunya ada di Provinsi Bengkulu yaitu PLG (Pusat Latihan Gajah) Seblat. Lokasi ini berada di Kabupaten Bengkulu Utara, tepatnya berada di Desa Suka Baru, Kecamatan Marga Sakti Seblat. Untuk mencapai lokasi ini memerlukan jarak tempuh empat jam perjalanan dari Kota Bengkulu.

PLG Seblat memiliki pemandangan yang bagus karena berada di pinggiran hutan lindung Kerinci-Seblat. Udaranya pun masih segar dan Sungai Seblat juga masih sangat bersih. Lokasi camp para pelatih gajah berada di seberang Sungai Seblat.

Ada beberapa wisata yang dapat dinikmati jika berkunjung ke PLG Seblat, seperti berkesempatan untuk berfoto dan menaiki gajah dengan jarak dekat, mandi di Sungai Seblat, berkeliling Hutan Seblat, serta mencoba berkeliling Sungai Seblat menggunakan perahu motor atau warga sekitar menyebutnya dengan ketek.

Loading...

Para pengunjung dapat juga berinteraksi dan melihat gajah menyeberang Sungai Seblat dan memberikan makan gajah, salah satunya dengan buah pisang. Biasanya di tempat pusat konservasi gajah PLG Seblat juga biasa digunakan oleh siswa atau mahasiswa melakukan kegiatan camping. Sebab tempat ini memiliki lokasi yang luas dan jauh dari perkampungan warga.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red