×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Berbagai tipe Gerhana Matahari dan fakta unik di baliknya

0

Ilmiah

Berbagai tipe Gerhana Matahari dan fakta unik di baliknya

Gerhana Matahari merupakan fenomena langka yang memiliki bermacam-macam tipe.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

dede atika

31 / 12 / 2019 14:10

Gerhana Matahari adalah peristiwa alami yang terjadi di Bumi ketika Bulan bergerak dalam orbitnya antara Bumi dan Matahari yang lebih dikenal sebagai okultasi. Itu terjadi di Bulan Baru, ketika Matahari dan Bulan sejajar satu sama lain. Jika Bulan hanya sedikit lebih dekat ke Bumi, dan mengorbit di bidang yang sama serta orbitnya melingkar, kita akan melihat gerhana setiap bulan. Orbit bulan berbentuk elips dan miring sehubungan dengan orbit Bumi, jadi kita hanya dapat melihat hingga 5 gerhana per tahun. Tergantung pada geometri Matahari, Bulan, dan Bumi, Matahari dapat sepenuhnya diblokir atau dapat diblokir sebagian.

Selama gerhana, bayangan Bulan terbagi menjadi dua bagian, yaitu umbra gelap dan penumbra yang lebih terang bergerak melintasi permukaan Bumi. Catatan keselamatan: jangan pernah melihat Matahari langsung saat gerhana kecuali jika itu selama gerhana matahari total. Cahaya terang Matahari dapat merusak mata kamu dengan sangat cepat.

Berbagai tipe Gerhana Matahari dan fakta unik di baliknya

8 Fakta tentang Gerhana Matahari Cincin:

1. Tergantung pada geometri Matahari, Bulan, dan Bumi, bisa ada antara 2 dan 5 gerhana matahari setiap tahun.

Loading...

2. Totalitas terjadi ketika Bulan sepenuhnya menghilangkan cahaya Matahari sehingga hanya korona matahari yang ditampilkan.

3. Gerhana Matahari Total dapat terjadi 1-2 tahun sekali. Ini membuat gerhana sangat jarang terjadi.

4. Gerhana Matahari Total terpanjang yang bisa bertahan adalah 7,5 menit.

5. Lebar jalur totalitas biasanya sekitar 160 km dan dapat menutupi area permukaan Bumi sekitar 10.000 mil.

6. Gerhana hampir identik terjadi setelah 18 tahun 11 hari. Periode 223 bulan sinode ini disebut saro.

7. Selama Gerhana Matahari Total, kondisi di jalur totalitas dapat berubah menjadi cepat. Daerah sekitarnya yang awalnya terang langsung menjadi gelap, juga suhu udara menurun.

8. Pada saat Gerhana Matahari Total, maka planet yang lainnya mereka akan terlihat seperti titik-titik cahaya.

Berikut ini merupakan beberapa tipe Gerhana Matahari.

Gerhana Matahari Total.

Berbagai tipe Gerhana Matahari dan fakta unik di baliknya

Gerhana Matahari Total terjadi ketika Bulan sepenuhnya menghilangkan cahaya matahari. Dalam Gerhana Matahari Total, bagian tersempit dari jalan (di mana Matahari sepenuhnya diblokir dan Bulan melemparkan bayangan cahayanya menjadi gelap yang disebut umbra merupakan "zona totalitas".

Dari hasil pengamatan, ketika melihat Matahari yang mulai redup sering digambarkan sebagai "lubang di langit" dengan cahaya hantu dari korona surya yang memanjang ke luar angkasa. Sebuah fenomena yang disebut "Manik-manik Bailey" sering muncul ketika sinar matahari bersinar melalui lembah di permukaan bulan. Jika Matahari aktif, pengamat juga dapat melihat keunggulan matahari, loop, dan flare selama totalitas. Gerhana matahari total adalah waktu aman untuk melihat langsung ke Matahari. Hasil semua pengamatan matahari lainnya memerlukan filter matahari khusus sehingga tidak membahayakan matamu.

Gerhana matahari total tidak selalu terlihat dari Bumi. Di masa lalu, Bulan terlalu dekat dengan Bumi dan selama gerhana itu benar-benar menghapus cakram Matahari. Seiring waktu, orbit Bulan telah berubah pada kecepatan lebih dari 2 cm per tahun dan pada zaman saat ini, penyelarasannya hampir sempurna pada suatu waktu. Namun, orbit Bulan akan terus melebar dan mungkin dalam 600 juta tahun, Gerhana Matahari Total tidak akan terjadi lagi. Sebaliknya, pengamat masa depan hanya akan melihat Gerhana Parsial dan Annular.

Gerhana Matahari Annular.

Berbagai tipe Gerhana Matahari dan fakta unik di baliknya

Tidak setiap Gerhana Matahari merupakan Gerhana Matahari Total. Ketika Bulan berada lebih jauh dalam orbitnya dari biasanya, ia tampak terlalu kecil untuk sepenuhnya menutupi cakram Matahari. Selama hal itu, cincin terang sinar matahari bersinar di sekitar Bulan. Jenis gerhana ini disebut gerhana "annular". Ini berasal dari bahasa Latin "annulus" yang artinya cincin.

Periode annularity selama gerhana seperti itu dapat berlangsung dari 5 atau 6 menit hingga 12 menit. Namun, meskipun Matahari sebagian besar tertutup oleh Bulan, cukup sinar matahari yang luput selama annularitas sehingga pengamat tidak dapat melihat Matahari secara langsung. Peristiwa ini membutuhkan pelindung mata di seluruh gerhana.

Gerhana Matahari Sebagian.

Berbagai tipe Gerhana Matahari dan fakta unik di baliknya

Gerhana Matahari Sebagian terjadi ketika Bumi bergerak melalui penumbra Bulan (bagian yang lebih terang dari bayangan Bulan) saat Bulan bergerak antara Bumi dan Matahari. Bulan tidak memblokir seluruh cakram matahari, seperti yang terlihat dari Bumi. Tergantung pada lokasimu selama gerhana sebagian, kamu mungkin melihat sesuatu dari Matahari yang terhapus sepotong kecil menjadi gerhana yang hampir total.

Untuk melihat gerhana dengan aman, gunakan filter yang aman atau gunakan metode tampilan tidak langsung, seperti memproyeksikan sinar matahari melalui teleskop dan ke selembar kertas putih atau kertas karton. Jangan pernah melihat Matahari melalui teleskop kecuali itu memiliki filter yang sesuai. Kebutaan dan kerusakan mata yang parah dapat terjadi karena teknik observasi yang tidak tepat.

Kapan Gerhana Matahari berikutnya?

Gerhana dapat terjadi setiap tahun dan dapat diprediksi. Ada beberapa situs online di mana kamu bisa mendapatkan kalender terbaru untuk semua jenis Gerhana Matahari.

mreclipse.com: merupakan situs pensiunan ahli astrofisika NASA, Fred Espenak. Ia memberikan banyak informasi tentang gerhana matahari dan bulan.

eclipse.gsfc.nasa.gov: situs web eclipse NASA adalah situs resmi NASA untuk informasi gerhana.

timeanddate.com: merupakan sumber kalender gerhana yang dapat diandalkan untuk gerhana matahari dan bulan.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red