Minumlah 8 gelas per hari.Begitulah saran yang diberikan banya orang kepada kita untuk mengonsumsi air mineral demi kesehatan tubuh yang terjaga. Begitu pun berbagai saran yang kita dapatkan untuk mengonsumsi air mineral yang sebenarnya hanya memastikan kita agar tidak dehidrasi dan kekurangan cairan dalam tubuh.

Namun, apakah benar maksimal dalam sehari kita wajib mengonsumsi 8 gelas air mineral?

Berapa maksimal konsumsi air mineral dalam sehari? Ini penjelasannya

Tapi menurut ahli diet Lembaga Penelitian Australia (CSIRO), Penny Taylor, sebenarnya tidak ada aturan baku dan instan mengenai berapa banyak air yang perlu kamu minum.Berapa banyak air yang dibutuhkan bergantung pada berbagai faktor seperti jenis kelamin, berat badan, dan seberapa banyak aktivitas fisik yang dilakukan.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah di mana kamu tinggal. Mereka yang tinggal di iklim lebih hangat dan lembap cenderung berkeringat lebih banyak dan kehilangan lebih banyak cairan.

Ada yang memberi saran agar pria dewasa mengonsumsi air sebanyak 2,6 liter per hari (sekitar 10 cangkir) dan perempuan dewasa harus minum 2,1 liter per hari (sekitar delapan cangkir).Namun angka tersebut dapat berubah sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu itu sendiri.

Pekerja berat akan membutuhkan lebih banyak air untuk dikonsumi karena beratnya beban kerja dan kebutuhan lebih untuk meningkatkan ion tubuh. Wanita hamil membutuhkan asupan air mineral lebih banyak dari pria karena memiliki 2 raga yang membutuhkan air mineral itu untuk menjaga kondisi ibu dan anak tetap sehat.

Hal ini perlu dicatat bahwa cairan apa pun terhitung dalam asupan sehari-hari. Seperti jus, kuah makanan, bahkan alkohol. Namun semua itu tergantung dari ketahanan tubuh masing masing individu.

Termasuk pada saat cuaca panas dan membuat kita berkeringat. Rata-rata setiap individu yang berkeringat lebih banyak akan mengeluarkan cairan lebih banyak pula. Menurut Associate Profesor Ben Desbrow dari Universitas Griffith, mereka yang bekerja atau berolahraga di daerah beriklim panas kehilangan cairan paling banyak, yaitu hingga 2,5 liter keringat dalam satu jampada keadaan yang ekstrem.

Berapa maksimal konsumsi air mineral dalam sehari? Ini penjelasannya

Pada saat stres, tertekan, gugup, ataupun sedang sedih pastinya akan membutuhkan asupan air lebih banyak dari biasanya. Hal ini dikarenakan banyaknya energi yang dikeluarkan dalam mengekspresikan suasana atau perasaan hati.

Sekali lagi, hal ini akan diingatkan untuk mengonsumsi air mineral sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas kita sehari-hari. Kemungkinan kita akan membutuhkan lebih dari 8 gelas sehari, dan pastikan kebutuhan cairan tercukupi dan tidak terjadi dehidrasi, ya!