×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Belum terlambat memulai, yuk sayangi bumi dengan lakukan 5 langkah ini

0

Serius

Belum terlambat memulai, yuk sayangi bumi dengan lakukan 5 langkah ini

Mahatma Gandhi berkata, "Be the change you wish to see in the world".

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rian Kusuma Dewi

26 / 02 / 2019 12:30

Sebagai penghuni bumi, sadarkah kita bumi tempat tinggal kita ini telah memberikan begitu banyak kabaikan pada kita? Dan apa yang sudah kita lakukan pada bumi? Sudahkah kita merawat dan menjaganya dengan baik? Melalui 5 langkah kecil ini mari kita mulai menyayangi bumi :

1. Bawa tumblr dan tempat makan sendiri.

Sering minum menggunakan gelas plastik saat membeli minuman favorit atau makan menggunakan styrofoam saat makan jajan kekinian? Mulai sekarang coba yuk kita tolak penggunaan gelas plastik dan styrofoam itu, kita gantikan menggunakan tumblr dan tempat makan sendiri. Kenapa? Karena dengan menggunakan tumblr sendiri kita akan mengurangi penggunaan sekitar 167 botol plastik di mana setiap botol plastik membutuhkan waktu lebih dari 20 tahun untuk terurai. Sedangkan styrofoam sendiri memiliki waktu yang lebih lama lagi, yaitu 500 tahun atau lebih untuk terurai. Styrofoam juga terbuat dari berbagai bahan kimia berbahaya, di antaranya gas dan polyster serta CFC yang diduga menjadi penyebab utama rusaknya lapisan ozon. Wah, mencengangkan ya. Sudah siap membawa tumblr dan tempat makan sendiri?

 

2. Gunakan reuseable straw.

Loading...

Sampah Plastik

Sering minum es menggunakan sedotan? Pertanyaan yang terdengar sepele ya. Namun tahukah kamu jika sampah sedotan plastik kini menjadi masalah yang cukup serius. Di Indonesia apabila dihubungkan setiap harinya sampah sedotan plastik akan setara dengan jarak Jakarta ke Meksiko City (16.784 Km), setiap minggunya setara dengan 3 kali keliling dunia (117.449 Km), sedangkan setiap bulannya setara dengan 5 kali garis pantai Indonesia (503.522 Km).

Ini hanya sampah sedotan plastik masyarakat Indonesia loh. Padahal limbah sedotan plastik ini membutuhkan waktu sekitar 200 tahun. Lalu apa yang dapat kita lakukan? Ada banyak cara, kita dapat meminum minuman favorit kita langsung dari gelasnya kok atau kalau ingin tetap menggunakan sedotan dapat menggunakan reusable straw. Saat ini sudah banyak yang menjual reuseable straw, mulai dari strainless straw, bamboo straw, silicon straw hingga yang terbaru manggo straw. Dengan menggunakan 1 reuseable straw, kita akan mengurangi sekitar 540 sampah sedotan plastik. Yuk kita ganti menggunakan reuseable straw! ""Its only one straw" said 8 billion people" - Unknown.

 

3. Reuseable bag untuk berbelanja.

Sampah

Sering pasti ya belanja di minimarket dekat rumah. Nah biasanya belanjaan kita bawa menggunakan apa? Yakin pasti mayoritas menjawab menggunakan kantong plastik. Mulai sekarang coba deh bawa reusebale bag untuk berbelanja. Kenapa? Karena faktanya nih dengan menggunakan reuseable bag kita akan mengurangi penggunaan 170 kantong plastik.

Indonesia sendiri merupakan negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua setelah Cina. Wah, malunya. Selain itu menurut Badan Pusat Statistik dan Asosiasi Industri Plastik Indonesia nih ada sekitar 3,2 juta ton sampah plastik/ tahun. Padahal setiap plastik ini hanya dapat diurai 10-1000 tahun loh. Bahayanya lagi, plastik ini nggak boleh dibakar karena akan menggeluarkan senyawa digoxin yang beracun. Namun di lain sisi, plastik juga nggak boleh dibuang sembarangan atau ke sungai karena akan meracuni tanah, air, bahkan biota laut. Tentu masih ingat kan saat beberapa waktu yang lalu saat ditemukan paus sperma tewas di Wakatobi dengan 5,9 ton sampah plastik di perutnya. Nah, sehingga cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah mengurangi penggunaan kantong plastik itu sendiri.

 

4. Menanam pohon.

Isu penebangan liar mungkin sudah menjadi masalah global. Penebangan liar ini selalu erat dikaitkan dengan terjadinya pemanasan global yang membuat perubahan iklim ekstrem di bumi beberapa dekade belakangan. Nah, daripada kita hanya menyalahkan keadaan, lebih baik mari kita bersama melakukan perubahan. Satu di antaranya adalah dengan menanam pohon.

Kita dapat menanam pohon di halaman kosong sekitar rumah atau jika tidak memiliki lahan kosong, kita juga dapat mengikuti kegiatan menanam pohon yang rutin dilaksanan beberapa organisasi-organisasi sosial yang peduli tentang lingkungan. Dengan menaman 1 pohon aja nih kita sudah memberikan 1,2 Kg oksigen per hari. Dengan jumlah oksigen ini dapat menghidupi 2 orang manusia. Yuk, mulai menanam pohon!

 

5. Menggunakan transportasi umum.

Penggunaan transportasi umum terus digencarkan negara-negara berkembang karena dipercaya dapat menjadi solusi salah satu masalah utama di negara berkembang, yaitu kemacetan. Pemerintah berlomba menciptakan transportasi umum yang murah, aman, dan nyaman sehingga banyak warga yang menggunakan transportasi umum.

Nah, penggunaan transportasi umum ini selain mengurangi kemacetan juga akan mengurangi polusi serta akan menggunakan bahan bakar secara lebih bijak. Berkurangnya polusi dan berkurangnya penggunaan bahan bakar yang inefektif ini tentu saja akan membawa dampak positif bagi bumi, seperti menggurangi dampak lebih jauh dari pemanasan global serta mengurangi ekploitasi berlebihan dari sumber daya energi. Mari bersama menggunakan transportasi umum, selain lebih murah juga akan lebih menyayangi bumi!

"Impact start with "I"" - Unknown. 

Yuk kita terapkan 5 langkah kecil ini secara berkelanjutan. Percayalah kita belum terlambat untuk memulainya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red